Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Sep 2020 15:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Blausee, Danau Patah Hati di Swiss yang Paling Romantis

Bonauli
detikTravel
Danau Blausee  di Swiss
Danau Blausee (Getty Images/iStockphoto)
Kandersteg -

Sebuah danau di pedesaan Swiss menjadi destinasi populer karena keindahannya. Dibalik keindahannya ada kisah pilu yang membuatnya semakin menarik.

Danau Biru atau disebut Blausee adalah nama tempat cantik ini. Lokasinya di Distrik Frutigen, dekat dengan Desa Kandersteg. Blausee berada di kawasan hutan lindung. Ukuran danau ini sendiri tak begitu besar, namun keindahannya magis.

Dikelilingi dengan pepohonan, Blausee yang berwarna toska dan jernih mampu membuat siapa pun kehabisan kata-kata untuk memujinya. Bebatuan dari dasar danau terlihat, seraya menambah daya pikat dari Blausee.

Di balik keindahannya, ada sebuah cerita pilu yang membayang. Menurut legenda, Blausee dulunya adalah danau jernih tempat warga memancing. Karena ada banyak ikan trout di yang hidup di sana.

Danau Blausee  di SwissDanau Blausee di Swiss Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Ketika itu hiduplah seorang gadis cantik bermata biru yang jatuh cinta dengan seorang penggembala. Mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih dan bertemu di danau tiap malam.

Pasangan yang dimabuk cinta ini selalu memadu kasih di atas perahu sambil menikmati keindahan danau. Di bawah sinar rembulan, kehangatan cinta mengalahkan dinginnya malam.

Namun suatu malam sang penggembala tak kunjung datang ke Danau Blausee. Si gadis bermata biru terus menunggu di sana berharap sang kekasih akan datang.

Pagi tiba dengan kabar duka. Sang penggembala terpeleset dan jatuh ke tebing saat hendak bertemu menghampiri si gadis di danau.

Danau Blausee  di SwissDanau Blausee di Swiss Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Hati gadis bermata biru remuk tak bersisa. Kekasihnya yang malang harus pergi untuk selama-lamanya. Tangis dan ratapan menjadi santapan sehari-hari sang gadis.

Kesedihan yang mendalam diluapkan oleh sang gadis dengan terus datang ke danau dan mengingat kembali perasaan cintanya akan kekasihnya.

Rasa cintanya yang begitu besar membuat sang gadis berencana untuk menyusul kekasihnya ke surga. Tapi gelagatnya tercium oleh kedua orang tuanya.

Gadis bermata biru tak diperbolehkan untuk datang ke danau. Ia dikurung oleh orang tuanya hingga menjadi sangat stre.

Suatu malam, sang gadis keluar dari rumah tanpa sepengetahuan orang tuanya. Esok paginya, tubuh sang gadis ditemukan tak bernyawa di dasar danau.

Sejak saat itu air danau yang tadinya bening berubah menjadi biru toska seperti mata sang gadis. Air danau dianggap seperti ketulusan cinta sang gadis yang meratapi kepergian kekasihnya.

Kisah romantis dan pilu inilah yang membuat Danau Blausee semakin dicintai oleh wisatawan. Wisatawan sendiri diperbolehkan untuk berkeliling danau dengan perahu untuk merasakan romansa cinta yang ditinggalkan oleh sepasang kekasih naas tersebut.

Sekarang pihak pengelola membangun patung gadis bermata biru di dasar danau untuk membuat legenda yang diceritakan semakin nyata. Kedalaman Blausee hanyalah 12 meter, tapi karena jernih kelihatannya jadi dangkal.

Tapi traveler dilarang untuk berenang di sini, ya. Kalau mau mancing akan ada area khusus yang disediakan. Danau Blausee ini bisa dinikmati siang dan malam hari, serta punya pemandangan yang berbeda di tiap musim.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA