Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 12:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hinatuan Enchanted River, Sungai Cantik Tanpa Dasar yang Dihuni Peri

Bonauli
detikTravel
Sungai Hinatuan Filipina
Sungai Hinatuan (Getty Images/iStockphoto)
Hinatuan, Surigao del Sur, Filipina -

Filipina memang kaya akan pantai-pantainya. Tapi tak cuma pantai, negeri ini punya sebuah sungai keramat yang katanya dihuni peri. Hinatuan Enchanted River atau Sungai Tanpa Dasar Hinatuan, terletak di Pulau Mindanao, Filipina. Sungai ini kecil dan lebih mirip dengan danau sebenarnya. Namun keindahannya tersohor di seluruh negeri.

Panjang sungai ini hanya 50 meter. Tapi keberadaannya menjadi daya tarik untuk wisatawan dunia. Hal ini dikarenakan pesona dari Hinatuan.

Tak seperti sungai lain, Hinatuan berwarna biru toska dan sangat jernih. Dari permukaan terlihat jelas batuan-batuan yang berada di dalam danau. Jangankan sampah, lumpus saja tidak ada.

Namun jangan harap untuk bertemu dasar dari sungai ini. Penduduk lokal menamainya enchanted, bukan tanpa alasan. Sudah banyak penyelam dan peneliti yang datang untuk melihat dasar sungai ini tapi tak ketemu.

Sungai Hinatuan FilipinaSungai Hinatuan Filipina Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Hinatuan Enchanted River bisa dibilang ajaib karena semakin ke dasar, yang ditemukan hanyalah gua dengan banyak cabang. Menurut peneliti, goa yang jadi pintu masuk air bawah tanah terletak 35 meter di di bawah permukaan sungai.

Kemudian goa memiliki panjang 654 meter ke Laut Filipina. Kira-kira ada lorong sepanjang 35 meter untuk mencapai mata air bawah tanah.

Peneliti percaya perjalanan melewati goa ini mirip geyser. Sehingga membuat air sungai Hinatuan menjadi sangat jernih.

Dari sinilah cerita rakyat berkembang. Masyarakat percaya bahwa warna biru Hinatuan berasal dari safir dan batu giok yang dibawa oleh peri ke dalam sungai.

Sungai Hinatuan FilipinaSungai Hinatuan Filipina Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Keunikan Hinatuan juga terdapat dari rasa airnya. Sungai ini memiliki rasa air asin, seperti laut. Di musim-musim tertentu akan ada banyak ikan yang telihat. Namun sering juga tak ada satu ikan pun yang nongol.

Sampai saat ini, masyarakat mengakui bahwa tak ada satu pun yang pernah berhasil menangkap ikan di sana. Ini mengapa sungai ini disebut keramat.

Ada pula cerita lain yang mengatakan bahwa sungai ini dihantui oleh berbagai aneka makhluk supernatural yang menakutkan tapi memikat. Ini mengapa siapa pun pasti jatuh hati dengan sungai ini.

Warga pun memiliki larang tersendiri untuk wisatawan. Tiap jam 12 siang waktu setempat, penjaga sungai akan membunyikan bel agar semua orang keluar dari sungai. Sebuah nyanyian Hinatuan akan dilagukan dan ikan-ikan akan muncul keluar dan diberi makan.

Begitu matahari terbenam, tak ada satu orang pun yang boleh berenang di sana. Konon roh-roh yang menguasai Hinatuan Enchanted River akan keluar dan berkeliaran di sekitar sungai.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA