Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Okt 2020 19:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada Air Terjun Bawah Laut di Mauritius, Kok Bisa?

Bonauli
detikTravel
Aerial view of the underwater waterfall. Amazing Mauritius landscape
Air terjun bawah laut Mauritius (iStock)
Port Luis -

Pulau Mauritius adalah sebuah negara yang begitu menarik untuk dibahas. Selain jadi negara terkaya Afrika, Mauritius juga punya alam yang unik.

Kalau liburan ke Mauritius bisa lihat apa? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas oleh traveler begitu mendengar nama Mauritius. Mari kita ulik langsung saja.

Mauritius adalah pulau yang berada di sebelah timur Madagaskar dan barat daya Samudera Hindia. Pulau ini dulunya kosong dan jadi habitat dari burung dodo yang sudah punah. Kini burung dodo menjadi lambang dari negara ini.

Meski pulau kecil namun alam Mauritius sangat cantik. Mauritius adalah pulau vulkanik yang dikelilingi oleh coral reef. Salah satu yang jadi kebanggaannya adalah tepi laut Le Morne.

Aerial view of the underwater waterfall. Amazing Mauritius landscapeAir terjun bawah laut Mauritius Foto: (iStock)

Di sana traveler bisa menemukan pemandangan unik yaitu air terjun bawah laut atau underwater waterfall. Kok bisa sih?

Sebenarnya air terjun bawah laut tersebut hanyalah ilusi optik. Di bagian tepi laut Le Morne ada bagian pasir dan lumpur yang mengalir di dasar samudra.

Saking jernihnya, gerakan pasir yang mengalir tersebut seolah-olah membuat air terjun yang menjorok di dasar laut. Hal ini bisa terjadi karena adanya aliran arus bawah air yang terjadi di dasar laut.

Ini berkaitan dengan aktivitas vulkanik yang membentuk Pulau Mauritius. Bisa dibilang Mauritius jadi salah satu pulau termuda di bumi.

Pulau Mauritius berada di Daratan Tinggi Bawah Laut atau disebut juga shelf ocean. Shelf ocean Mauritius memiliki kedalaman 150 meter di bawah permukaan laut.

Sementara di tepi shelf ocean ada titip yang bernama drop off. Di sini titik kedalamannya lebih dari 4.000 meter di bawah permukaan laut.

Aerial view of the underwater waterfall. Amazing Mauritius landscapeUnderwater waterfall Mauritius Foto: (iStock)

Di titik inilah aliran arus bawah laut bergerak dan tampak seperti air terjun dari ketinggian. Traveler yang mau melihat fenomena ini dengan jelas bisa menjelajah dengan tur helikopter yang ada di sana.

Selain underwater waterfall, Mauritius juga punya bentang pantai yang sangat indah. Pasir pantai yang berwarna putih bersih menjadi salah satu yang dijagokan oleh Mauritius. Belum lagi keanekaragaman hayati yang ada di bawah lautnya. Bagaimana, makin tertarik untuk liburan ke Mauritius?



Simak Video "Tumpahan Minyak di Laut Mauritius Picu Kerusakan Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA