Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Okt 2020 06:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Kopi Langka dari London, Hampir Sejuta Rupiah, Bagaimana Rasanya?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kopi V60 di Kafe Queens of Mayfair London
Kopi V60 di Kafe Queens of Mayfair London (Foto: CNN)
London -

Sebuah kafe di London membanderol mahal sajian kopi manualnya. Anda harus membayar USD 64 atau Rp 952 ribu untuk menyeruputnya.

Lalu, bagaimana rasa kopinya? Anda yang merasa pecinta kopi, mungkin bisa menjajal kopi ini suatu saat nanti. Melansir pemberitaan CNN, Sabtu (3/10/2020) berikut ini adalah sajian kopi terbaik di dunia.

Menu kopi yang dimaksud, digiling dan diseduh oleh barista pribadi Anda. Biji Ethiopian Cup of Excellence Queens Coffee disajikan dalam gelas anggur kristal dan porsinya cukup untuk dua gelas.

Hanya ada 15 porsi yang ditawarkan dan bukan jenis latte atau flat white biasa. Jadi traveler jangan pernah meminta susu, gula atau taburan coklat di atasnya.

Berbasis di distrik kelas atas London Pusat, kedai kopi Queens of Mayfair telah menjual lebih dari separuh stok yang tersedia. Kopi premium ini hanya dapat diminum di tempat sebagai bagian dari pengalaman eksklusif.

Victoria Sheppard, yang mendirikan Kafe Queens of Mayfair bersama saudara perempuannya, Grace Sheppard. Mereka mengungkap seorang pelanggan yang menggambarkan dirinya sebagai fanatik kopi melakukan perjalanan beberapa jam hanya untuk mencicipi minuman tersebut.

Kopi V60 di Kafe Queens of Mayfair LondonKafe Queens of Mayfair London (Foto: CNN)

Biji kopi khas Ethiopia ini memenangi kontes di Cup of Excellence, kompetisi tahunan bergengsi untuk kopi berkualitas tinggi.

Biji itu dibeli kembali pada bulan Juni dan dipanggang bulan lalu oleh Difference Coffee, pemanggang yang memasok Queens of Mayfair dan salah satu dari hanya delapan perusahaan di seluruh dunia yang diundang untuk menawar biji tersebut.

Kopi tersebut dinilai 91.08 / 95 oleh panel juri internasional dan ahli kopi setelah mencicipi dan pengujian yang ketat, menurut Queens.

Biji kopinya dijual eceran hingga seharga £ 2.000 per kilogram atau sekitar Rp 38,4 juta dan perdagangannya terbilang adil karena program Cup of Excellence dirancang untuk memberi penghargaan kepada petani atas keunggulan kopinya.

Artinya mereka menerima sebagian besar harga lelang, 155 kali harga komoditas normal. Ini adalah salah satu dari banyak kopi premium langka yang ingin ditampilkan para barista di kafe mereka.

Bagaimana rasa Ethiopian Cup of Excellence Queens Coffee yang dibuat dengan seduhan V60? Aromanya seperti bunga dan rasanya lembut dan ringan juga tidak meninggalkan rasa pahit di mulut.

Rasa kopinya berevolusi saat suhu kopi perlahan menjadi dingin, karakternya terungkap seperti kelopak bunga.

"Ini seperti sebotol anggur berkualitas. Ini bukan tentang kekuatan atau kopi yang paling menyengat. Ini tentang kompleksitas rasa dan catatan rasa yang menarik," kata Sheppard.

Proses pembuatan kopi melibatkan fase mekar selama tiga menit. Secara keseluruhan, 250 gram air diseduhkan ke 15 gram kopi.

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA