Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Okt 2020 18:58 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Phu Quoc, Phuket dari Vietnam

Lena Ellitan
detikTravel
Destinasi di Vietnam.
Foto: (lena2/d'Traveler)
Phu Quoc -

Nama Pantai Phuket di Thailand tentu tak asing di telinga traveler. Namun, Vietnam juga punya Phu Quoc yang jadi saingannya.

Phu Quoc adalah sebuah nama pulau yang saya dengar pertama kalinya dari sepasang pejalan di sebuah restoran di kawasan Old Quarter beberapa waktu yang lalu. Sebagai pendatang pejalan kadang-kadang kami saling bercerita, dan mereka mengatakan bahwa ada destinasi baru yang menarik di Vietnam, yaitu Pulau Phu Quoc yang ke depannya akan menjadi pesaing Phuket yang sudah mendunia.

Sebagai seorang pejalan tentu saja selalu tergelitik ketika ada tempat tujuan yang kita belum pernah datangi. Saya melakukan pencarian informasi pada saat itu dan belum banyak penerbangan yang mudah untuk menuju Phu Quoc atau harus beberapa kali transit.

Beberapa lama saya pendam dalam-dalam keingintahuan saya mengenai Phu Quoc. Tidak berselang lama Air Asia menawarkan beberapa destinasi baru yang salah satunya adalah Phu Quoc. Tidak pakai berpikir lama, begitu promo tujuan baru ditawarkan segera saya booking tiket Surabaya-Kuala Lumpur-Phu Quoc bulan Januari lalu sebelum Pandemi Corona merebak.

Phu Quoc di Vietnam.Bandara Internasional Phu Quoc di Vietnam (lena2/d'Traveler)

Phu Quoc Island adalah pulau tropis besar di lepas pantai Kamboja. Meskipun letak geografisnya berada lebih dekat dengan Kamboja namun Pulau ini berada di bawah pemerintahan Vietnam. Pu Quoc adalah Pulau yang sangat bergunung-gunung dan berhutan lebat seluas 1.320 km.

Phu Quoc memiliki populasi yang belum banyak dibandingkan kota-kota lain di Vietnam. Penduduk Phu Quoc beri berada di kisaran lebih dari 100.00o0 orang (2012).

Phu Quoc lecara geografir berada di Teluk Thailand, tepatnya 45 km barat Ha Tien (daratan Vietnam ) dan 15 km sebelah selatan pantai Kamboja. Pulau ini memiliki pantai-pantai indah dan menawarkan makanan laut terbaik di negara ini.

Menurut sejarah Pulau Phu Quoc dahulunya merupakan markas bagi misionaris Prancis Pigneau de Behaine dari tahun 1760-80-an. Selama perang Vietnam hanya ada sedikit pertempuran di sini, tetapi pulau itu digunakan oleh Angkatan Bersenjata Republik Vietnam sebagai penjara bagi Viet Cong yang ditangkap. Phu Quoc bukanlah bagian dari delta Mekong.

Phu Quoc cenderung masih belum terjelajah, jika Vietnam nantinya menginginkan Phu Quoc seperti Phuket maka pulau ini dibanjiri oleh pembangunan di sana sini. Pemerintah juga memiliki rencana ekstensif untuk mengembangkan Phu Quc dengan membangun daerah perumahan bertingkat tinggi, membangun kota dan pinggiran kota baru, sebuah resor liburan bergaya sosialis yang meliputi hamparan besar hutan sebelumnya. Pusat kota pulau ini ada di Kawasan Duong Dong, tempat di mana saya menginap.

Begitu mendarat di bandara Internasional Phu Quoc, saya langsung menuju kawasan Duong Dong dengan mengendarai Bus dari Bandara. Tarifnya tidak mahal yaitu sekitar 40.000 VND.

Sesampai di Duong Dong, sebelum mencari Hotel tempat saya menginap saya mengisi perut dulu dengan semangkuk Mie Sup plus sayuran yang berlimpah dengan harga 40.000 VND di semua kedai makan. Selanjutnya saya memiliki waktu 5 hari di Phu Quoc untuk menjelajah pulau ini baik dengan bersepeda, berjalan kaki, naik bus keliling pulau, atau mengikuti tur lokal yang tidak mahal.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Jejak Kerusakan di Vietnam Dihantam Topan Molave"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA