Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Okt 2020 20:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Setenil de las Bodegas, Kota yang Terhimpit Batu

Bonauli
detikTravel
Setenil de las Bodegas
Setenil de las Bodegas (Getty Images/iStockphoto)
Andalusia -

Sebuah kota eksotis di Spanyol begitu menarik hati. Dipahat dari batu, kota ini ada di dalam tebing. Namanya adalah Setenil de las Bodegas. Nama tersebut memiliki arti Kota yang Terhimpit Batu. Benar saja, kota ini berada di tengah tebing Basalt di Provinsi Cadiz, daerah otonomi Andalusia.

Karena dipahat dari batuan, sudah pasti kota ini berumur lebih lama dari yang lain. Menurut catatan sejarah, Setenil de las Bodegas sudah ada sejak zaman Kekhalifahan Almohad pada abad ke-12.

Namun banyak yang percaya kalau kota tebing ini sudah ditinggali oleh manusia sejak 25 ribu tahun yang lalu. Sayang, banyak bukti yang terhapus karena kota ini terus berganti kekuasaan.

Setenil de las BodegasSetenil de las Bodegas Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Konon pada abad pertama masehi, Setenil de las Bodegas pernah diduduki Pasukan Roma karena invasi. Ada yang menyebutkan bahwa nama Setenil berasa dari frasa latin Romawi yakni Septem Nihil yang memiliki keterkaitan dengan invasi yang dilakukan.

Kemudian ada yang bilang kalau kota ini pernah jadi benteng saat dikuasai oleh bangsa Moor, yaitu penduduk Arab yang tinggal di Spanyol. Sementara saat pasukan Katolik dari Spanyol menyerang, kota dialihkan kembali jadi pemukiman penduduk.

Kota ini kompak dicat berwarna putih. Ini kenapa Setenil de las Bodegas dijuluki Pueblos Blancos atau Kota Putih. Wah, banyak sekali julukan dari kota ini, ya.

Setenil de las BodegasSetenil de las Bodegas Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Sudah mengenal sedikit tentang masa lalu Setenil, mari masuk pada keunikan kotanya. Kota Putih ini hanya punya 2 jalan, Sun Street dan Shade Street.

Sun Street adalah jalan di area terluar kota yang menyuguhkan pemandangan di luar tebing. Nama ini diberikan karena artinya jalan ini masih kena cahaya matahari.

Sebaliknya dengan Shade Street. Kawasan jalan ini ada di dalam kota dan kebanyakan tak dapat sinar matahari. Bagaimana mau dapat sinar matahari, rumah-rumahnya saja dihimpit oleh batuan. Bisa dibilang atap dari kota ini ya batu.

Setenil de las BodegasSetenil de las Bodegas Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Kota ini mengadopsi cara hidup orang yang yang tinggal di dalam tanah atau di dalam gua. Saat musim panas, hawanya tidak terlalu panas, begitu pula saat musim dingin tak beku. Setenil de las Bodegas kini populer sebagai kota wisata. Di area Sun Streetnya dipenuhi kafe dan restoran. Kamu tertarik untuk liburan ke sini?



Simak Video "Bahagianya Valentino Rossi Naik Podium MotoGP Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA