Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 18:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid nan Indah di Dubai Gabungkan Nuansa Modern dan Arab Tradisional

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Masjid Agung Megah di Dubai UEA
Foto: Masjid Agung di Dubai (DIFC)
Dubai -

Sebuah masjid agung baru saja dibangun di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Biarpun terkesan mewah, ada sentuhan desain Arab tradisional di masjid ini.

Dikutip dari Khaleej Times oleh detikcom, selain memiliki menara tertinggi di dunia yang megah, ditambah air mancur menari yang menawan, Dubai juga miliki masjid yang indah. Masjid Agung yang baru dibangun ini mencakup kapasitas ratusan jamaah. Dibangun oleh Dubai International Financial Center (DIFC), desain masjid menggabungkan gaya tradisional dengan kontemporer.

Masjid Agung Megah di Dubai UEAMasjid Agung Megah di Dubai UEA Foto: (DIFC)

"(Fasilitas itu) menggabungkan tradisi dengan menafsirkan kembali esensi desain masjid tradisional dengan gaya kontemporer," menurut siaran pers Dubai International Financial Center.

Desain masjid terinspirasi dan mengacu pada dari arsitektur islam dengan menafsirkan kembali esensi desain masjid tradisional namun dengan dalam konteks kontemporer. Selain itu juga memanfaatkan elemen arsitektur islam yang khas seperti Mashrabiya.

Mashrabiya sendiri adalah elemen arsitektur yang merupakan ciri khas arsitektur tradisional di dunia islam. Bisa pula dikatakan sebagai dekorasi Arab yang diproyeksikan pada jendela tertutup berkisi-kisi. Biasanya dekorasi ini menampilkan kisi-kisi kayu berukir pada jendela tingi di lantai dua atau lebih pada bangunan.

Masjid Agung Megah di Dubai UEAMasjid Agung Megah di Dubai UEA Foto: (DIFC)

Menurut pernyataan dari siaran pers, masjid tersebut mencakup area sholat wanita khusus dan bisa menampung ibadah sholat Jumat. Masjid megah yang dirancang oleh firma arsitektur terkemuka, RMJM bertujuan untuk menciptakan fasilitas modern yang mencakup 500 jamaah.

Menurut Construction Weekend Online, masjid dibuat dalam bentuk sederhana dan diselimuti oleh layar perforasi bertingkat di mana cahaya akan menerangi ruang interior. Indah bukan?



Simak Video "Usai Dipakai Salat Jumat, Masjid Al-Barkah Kota Bekasi Disemprot Disinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA