Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Nov 2020 06:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Tawon tapi Namanya Semut Panda, Bisa Membunuh Sapi!

Bonauli
detikTravel
semut panda
Semut panda (ensiklopedia internet)
Jakarta -

Warnanya hitam dan putih mirip panda, serangga satu ini sungguh spesial. Diberi nama semut panda, padahal dia bukan semut apalagi panda.

Dilansir dari berbagai sumber, serangga satu ini sungguhlah unik. Memiliki nama latin Euspinolia militaris, semut panda ternyata adalah tawon tak bersayap.

Asal mula diberi nama Semut Panda

Kenapa diberi nama semut panda? Coba lihat saja warna yang ada pada tubuhnya. Bagian mata berwarna hitam, sementara kepala putih. Bagian kakinya hitam dengan sedikit corak putih di badan.

Sementara nama semut diberikan karena sekilas tawon ini terlihat seperti semut. Yang membuat menarik adalah bulu-bulu yang tumbuh di sekujur tubuhnya.

Meski terlihat sangat menggemaskan, tapi semut panda bukanlah serangga menggemaskan. Tawon satu ini punya racun yang sangat berbahaya.

Dijuluki Cow Killer

Kalau tawon biasa bisa bikin kamu gatal sampai sakit, semut panda bisa membunuh seekor sapi dengan 6-10 kali sengat! Julukannya cow killer!

Ada sedikit perbedaan yang terlihat untuk semut panda betina dan pejantan. Kalau pejantan punya sayap, sedangkan betina tidak.

Dalam proses berkembang biak, sang betina sanggup untuk bertelur hingga 2.000 butir tiap tahun. Sayangnya, telur mereka sering jadi mangsa dari predator. Oleh sebab itu, status semut panda kini diambang punah.

Semut Panda Hewan Soliter

Untuk urusan hidup, semut panda termasuk yang soliter. Mereka tidak memiliki ratu atau pekerja seperti semut. Mereka hidup dengan menghisap nektar dan serbuk bunga.

Kalau betina akan mencari makan pada siang hari atau diurnal, pejantan baru melek saat malam tiba alias nokturnal. Saat khawatir, mereka akan membuat kicauan yang keluar dari posterior tubuh mereka.

Serangga unik ini baru ditemukan pada tahun 1938 di Chili, Amerika Selatan. Selain namanya yang unik, semut panda ternyata punya banyak hal menarik untuk dipelajari ya, traveler!



Simak Video "Corona Ngegas Lagi! Chili Tunda Pemilu"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA