Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 11:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Museum Lingkar Arktik Ini Ajak Traveler Nonton Ikan Paus!

Museum Paus
Foto: (Mir / Paus / Dorte Mandrup)
Jakarta -

Rekreasi untuk melihat pari dan ikan hiu mungkin sudah biasa ditemui. Tapi untuk ikan paus mungkin hanya ada di tempat ini.

Dikutip dari Insider oleh detikcom, Studio arsitektur Denmark, Dorte Mandrup merilis foto-foto baru di pusat pendidikan dan pengamatan paus. Uniknya desain gedung yang menyerupai ikan paus.

Namanya The Whale, pusatnya akan berlokasi di Andenes, Pulau Andoya, tepatnya di sekitar 300 km, utara Lingkar Arktik. Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk mengamati paus, karena ngarai lautnya memungkinkan paus bergigi besar mencari makan di dekat pantai.

Museum PausMuseum Paus Foto: (Mir/The Whale/ Dorte Mandrup)

Dorte Mandrup memiliki visi untuk membangun tempat yang menyatu mulus dengan lanskap yang ada. "Lanskap di atas dan di bawah air adalah satu yang tak terpisahkan, menjadikan permukaan air satu-satunya antara atas dan bawah," kata Direktur Kreatif dan Pendiri Dorte Mandrup.

Hal ini pun memberikan inspirasi untuk membuat bangunan agar terlihat diangkat dari tanah. Dengan hati-hati mereka membentuk gundukan yang tampak alami bangunan dirancang seolah diangkat oleh raksasa untuk memperlihatkan rongga bawahnya yang jadi tempat pusatnya. Dari laut, gedung ini pun terlihat menyerupai sirip ikan paus.

Museum PausMuseum Paus Foto: (Mir/The Whale/ Dorte Mandrup)

Di dalam, The Whale akan mempunyai berbagai kawasan untuk wisatawan. Mulai dari ruang pameran, kafe hingga toko souvenir yang dibingkai oleh jendela besar dari lantai ke langit-langit. Atap bagian tengah akan diaspal dengan batu alam dan dilapisi dengan pagar, nantinya akan memungkinkan pengunjung untuk naik ke atasnya. Ada pemandangan indah yang bisa disaksikan hingga menonton ikan paus.

Bagi Dorte Mandrup, The Whale diharapkan akan menjadi pengalaman tak terlupakan yang bisa menginspirasi dan mempertemukan antara manusia, paus, budaya dan alam. Tentunya melalui seni, sains dan arsitektur. Rencananya The Whale akan dibuka untuk umum pada tahun 2022.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA