Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Nov 2020 05:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bahkan Sebelum Maradona Meninggal Dunia, Jejaknya Diburu Pelancong Dunia

Femi Diah
detikTravel
OLIVOS, ARGENTINA - NOVEMBER 03: Fans hold a jersey with the face of Diego Maradona at Clínica Olivos on November 03, 2020 in Olivos, Argentina. Personal doctor of Maradona, Leopoldo Luque, confirmed the former footballer will under a surgery to treat a clot in his brain. Maradona, who turned 60 on Friday 30, had spent the night of Monday hospitalized after being admitted with symptoms of depression. (Photo by Marcos Brindicci/Getty Images)
Foto: Getty Images/Marcos Brindicci
Jakarta -

Diego Maradona meninggal dunia tadi malam. Tapi bahkan sebelum tutup usia, jejaknya menjadi magnet traveler sedunia.

Diego Armando Maradona, atau yang akrab dengan nama Maradona, meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB karena henti jantung. Maradona meninggal di usia 60 tahun.

Oleh warga Argentina, Maradona, yang mengantarkan timnas Argentina meraih trofi Piala Dunia 1986, dianggap bukan tokoh biasa. Oleh sebagian pennggemarnya, dia disembah layaknya Tuhan.

Selain itu, jejak Maradona tertinggal di banyak tempat. Di stadion, juga gereja. Berupa patung ataupun trofi di dalam museum.

Gereja Maradona

Maradona diberi predikat "D10S" (berasal dari kata dios yang berarti "Tuhan" dalam bahasa Spanyol dan diganti dengan "10" nomor punggung Maradona. Dengan sepakbola sebagai agama mereka menyebut penganut Maradoniana.

Mereka memiliki gereja Maradona. Lokasinya di Rosario. Gereja itu didirikan oleh Alejandro Verón dan Hernan Amez.

Di sana tersimpan poster Diego pada setiap jenjang kariernya selama 21 tahun, replika trofi Piala Dunia, dan buku biografi yang mereka anggap sebagai kitab suci.

Patung Maradona

Patung Maradona itu dibangun saat dia merayakan ulang gtahun ke-58. Patung itu berupa patung perunggu yang ditaruh di dekat stadion klub Argentinos Juniors, klub debut Maradona sebagai pemain profesional pada 1976.

Peresmiannya telat sehari dari ulang tahun Maradona pada 30 Oktober. Gara-garanya hujan.

Dikutip dari ESPN, pematung Jorge Martinez mengatakan bahwa "gol yang dielu-elukan semua orang Argentina" merupakan inspirasi patung itu.

"Itu adalah tonggak sejarah Argentina," katanya.

Patung setinggi 9 kaki itu ditempatkan di teras dekat mural tempat Maradona digambarkan mengenakan seragam merah Argentinos Juniors.

Stadion Diego Armando Maradona

Stadion Diego Armando Maradona merupakan markas Argentinos Juniors. Klub itu merupakan klub Maradona saat memulai debut karier profesionalnya pada 1976.

Stadion itu diberi nama Maradona sebagai bentuk penghargaan pada 2004. Momen itu sekaligus usai renovasi dan perayaan ulang tahun klub ke-100. Sebelumnya, stadion itu bernama Estadio de la Asociación Atlética Argentinos Juniors.

Stadion itu ada di Buenos Aires dan memiliki kapasitas 2 ribu penonton.

Estadio Alberto J. Armando

Dulu stadion ini bernama La Bombonera dibuka pada 25 Mei 1940. Lokasinya di distrik La Boca di Buenos Aires.

Pintu masuk maskar Boca Juniors Estadio Alberto J. ArmandoPintu masuk maskar Boca Juniors Estadio Alberto J. Armando Foto: Getty Images/Grafissimo

Pada 1986, stadion berkapasitas 54 ribu penonton itu mendapatkan nama baru, Alberto J. Armando. Nama itu untuk menghormati presiden kenamaan Boca Juniors saat itu yang juga memiliki nama yang sama.

Stadion ini dianggap sebagai salah satu stadion penting di dunia, sebagai kandang klub sepakbola raksasa Argentina Boca Junior, klub yang pernah dibela Maradona, juga menjadi debut Maradona bersama timnas Argentina.

Di stadion ini, Maradona memiliki ruangan eksekutif.

Museo de la Pasion Boquense

Lonely Planet mencatat museum ini berada di markas klub raksasa Argentina, Boca Juniors, di Stadion Boca Juniors. Museum ini merupakan museum berteknologi tinggi yang mengisahkan sejarah dan prestasi apik klub itu.

Tourists pass in front of a sculpture of Argentine football legend Diego Maradona at Boca's Passion Museum (Museo de la Pasion Boquense), in Buenos Aires' La Boca neighbourhood on August 21, 2009. La Boca is widely known for the football club Boca Juniors - the most popular in the country, for Caminito Street and its colorful houses, for the most polluted river in the country, the Riachuelo, and for its poverty.  AFP PHOTO/Daniel GARCIA (Photo by DANIEL GARCIA / AFP)Patung legenda Diego Maradona di Boca's Passion Museum (Museo de la Pasion Boquense), di Buenos Aires Foto: AFP/DANIEL GARCIA

Nah, Maradona merupakan legenda klub ini. Boca Juniors merupakan klub profesional kedua Maradona. Semusim di sana, Maradona berhasil membuat Boca Juniors memenangi Liga Argentina musim 1981.

Boca Juniors juga menjadi klub penutup karier Maradona di 1995 hingga 1997.

Basílica del Santísimo Sacramento

Gereja ini merupakan salah satu tujuan wisata. Gereja ini dibangun pada 1751 dan masih menjadi gereja paling megah di Argentina.

Gereja ini makin terkenal setelah Maradona menikahi Valeria Massa di sini.



Simak Video "Fans Berkumpul di Depan Rumah Mendiang Maradona"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA