Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Feb 2021 22:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Terbaik di Myanmar

Bonauli
detikTravel
Pagoda Shwedagon
Foto: (d'Traveler) Pagoda Shwedagon
Yangon -

Myanmar sedang ramai dibicarakan karena kudeta yang terjadi di sana. Meski begitu, negara ini punya segudang wisata yang tak boleh dilewatkan.

United Nations World Tourism Organisation (UNWTO), tahun 2020 lalu menganugerahkan Myanmar sebagai negara yang paling cepat menaikkan jumlah wisatawan dari tahun ke tahun.

Memiliki presentase pertumbuhan 40,2 persen, Myanmar bahkan mampu untuk melampaui Maldives yang duduk di peringkat 9. Memang nama Maldives lebih sering didengar. Tapi bukan berarti Myanmar tak punya amunisi untuk menggeber pariwisata.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Myanmar punya banyak wisata menarik yang bakal bikin traveler betah jalan-jalan. Mulai dari alam sampai budayanya, Myanmar punya kesan unik dan berbeda dari negara Asean lainnya.

1. Candi Ananda

Pesona Bagan, Kota 10.000 Kuil di MyanmarPesona Bagan, Kota 10.000 Kuil di Myanmar Foto: Istimewa/dok.Bored Panda/Martien Janssen

Nama lain Myanmar adalah negara 1.000 pagoda. Ada banyak pilihan kuil-kuil cantik, salah satu yang diwajibkan untuk dikunjungi adalah Ananda Temple.

Ananda Temple berada di Kota Bagan, salah satu kota tua di Myanmar. Candi ini merupakan salah satu dari beberapa candi besar yang masih bertahan dengan bentuk aslinya di Bagan.

Secara etimologi Ananda sendiri pada bahasa sanskerta dan bahasa India artinya adalah bahagia. Candi ini berdiri megah dan berwarna putih kontras dengan candi lainnya yang kebanyakan berwarna merah bata. Di dalam candi ini terdapat empat patung Buddha yang masing-masing berdiri menghadap empat arah mata angin.

Keistimewaan lainnya adalah pengalaman pada saat menantikan matahari terbenam dan juga matahari terbit. Kalau liburan ke Myanmar wajib banget deh ke Candi Ananda.

2. Pagoda Shwedagon

Pagoda ShwedagonPagoda Shwedagon Foto: (d'Traveler)

Pagoda cantik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pagoda Shwedagon. Berlokasi di Singuttara Hill sebelah barat danau Kandawgyi, pagoda ini menjadi yang paling suci di Myanmar.

Kuil berusia lebih dari 2500 tahun dan dilapisi ribuan batang emas dan berlian yang menawan, sekaligus menyimpan delapan helai rambut Buddha yang sakral.

Shwedagon Pagoda merupakan gabungan dari kuil, stupa, dan patung yang merefleksikan seni arsitektur lebih dari 2500 tahun silam. Stupa bagian bawah terbuat dari 8.688 batang emas, ditambah 13.153 batang lagi di stupa bagian atasnya.

Pada puncak pagoda ini terdapat 5.448 buah batu berlian, 2.317 batu ruby, 1.065 lonceng emas, serta satu buah berlian 76 karat yang menjadi titik tertinggi Shwedagon Pagoda.

3. Shwemawdaw Paya

Seperti julukannya, Myanmar memang punya banyak pagoda. Namun yang satu ini jangan sampai terlewat karena menjadi yang terbesar di Myanmar. Namanya Shwemawdaw Paya.

Shwemawdaw Paya terletak di sebelah timur Myanmar railway house, di Kota Bago. Warna emasnya yang mentereng disesuaikan dengan arti nama dari pagoda ini, Dewa Emas Agung.

Tingginya 114 meter, candi sudah berumur lebih dari 1.000 tahun. Shwemawdaw Paya dibangun oleh Raja Mon sebagai suci untuk 2 helai rambut yang diberikan oleh Buddha.

Shwemawdaw Paya awalnya hanya memiliki tinggi 23 meter saja. Kemudian pada tahun 840 atap pagoda ditambah menjadi 27 meter. Gempa tahun 1930 sempat merobohkan seluruh candi.

Meski hanya tersisa dasarnya saja, Myanmar membangunnya jadi 114 meter di tahun 1952. Tak hanya rambut, kuil ini juga menyimpan gigi Buddha.

4. Golden Rock Pagoda

Masih soal pagoda, namun yang satu ini luar biasa unik. Dikenal dengan nama Kyaiktiyo Pagoda, tempat ini berlokasi di Burma. Berada di puncak gunung, Golden Rock Pagoda memiliki sebuah batu raksasa yang berdiri di atas puncak gunung.

Batu ini berada pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, dengan tinggi batu mencapai 7,6 meter serta diameter sekitar 15 meter. Di atas batu ajaib ini dibangun pagoda kecil dengan tinggi sekitar 7 meter.

Masyarakat Myanmar percaya kalau konon batu ini berdiri di atas sehelai rambut Buddha. Ceritanya bermula ketika Sang Buddha dalam salah satu kunjungan memberikan sehelai rambutnya ke pertapa lokal yang dikenal dengan nama Taik Tha. Tapi rambut itu terbang tertiup angin dan terselip di antara batu.

Selama ribuan tahun, Golden Rock menjadi situs ziarah Buddhis terkenal yang ada di negara bagian Mon, Myanmar.

5. Pagoda Kakakku

Kalau dalam bahasa Indonesia nama pagoda ini menjadi kepemilikan dari kakak kita, namanya Pagoda Kakakku. Lucu memang ya, tapi di tempat inilah traveler bisa melihat ribuan pagoda dalam satu pandangan mata.

Berbentuk komplek, jumlah pagodanya berkisar 2.400 buah. Untuk bisa menjelajahinya, traveler disarankan untuk memakai sendal. Karena di area stupa, alas kaki harus dilepas.

Tempat wisata ini termasuk sepi dari turis. Padahal keindahannya tak kalah dengan pagoda lain.

Tempat Wisata Myanmar selanjutnya: Danau Inle

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA