Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Feb 2021 22:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Terbaik di Myanmar

bonauli
detikTravel
Pagoda Shwedagon
Foto: (d'Traveler) Pagoda Shwedagon

6. Danau Inle

Danau Inle MyanmarDanau Inle Myanmar Foto: Yahya Apristianto/d'Traveler

Hanya berjarak 2 jam dari Pagoda Kakakku, traveler bisa langsung bertemu dengan danau cantik ini, namanya Inle. Inle merupakan danau yang terletak di Nyaungshwe, daerah Perbukitan Shan di Myanmar.

Danau terbesar kedua di Myanmar ini memiliki luas permukaan sekitar 44,9 mil persegi, dan salah satu yang tertinggi pada ketinggian 2.900 kaki.

Danau Inle terkenal dengan desa dan taman terapung serta cara hidup unik penduduk setempat. Berlokasi di sebuah lembah di antara dua pegunungan, inilah dunia yang berbeda dari Myanmar.

7. Gunung Poppa dan Biara Taung Kalat

Taung Kalat Monastery on Mt. Popa, Myanmar at dusk.Taung Kalat Monastery on Mt. Popa, Myanmar, Foto: (iStock)

Vihara dan Biara Taung Kalat berada persis Gunung Popa, 737 mdpl tingginya. Popa adalah gunung berapi yang sudah mati. Popa meletus untuk yang terakhir kali pada abad ke-5 SM.

Menurut kepercayaan warga lokal, Taung Kalat menjadi tempat suci yang dihormati oleh umat Buddha. Selain suci, kuil dan biara ini mitosnya jadi tempat tinggal para arwah.

Untuk bisa sampai ke kuil ini, wisatawan harus menantang diri untuk berolahraga. Ada 777 anak tangga yang harus dilewati untuk sampai di Taung Kalat.

Bagi pengunjung yang datang ke Mount Poppa dilarang mengenakan pakaian berwarna merah, hitam maupun hijau dan membawa daging karena hal tersebut dianggap melawan dan dapat membawa petaka bila dilanggar.

8. Mrauk U

Tempat wisata yang satu ini merupakan reruntuhan kota kuno yang bernama Mrauk U. Dulunya kota kuno ini adalah kota penting dan favorit pedagang Portugis, Belanda dan Prancis.

Menurut legenda Mrauk U memiliki lebih dari 6.000 kuil. Namun jatuhnya dinasti dan cuaca buruk hanya meninggalkan 700 pagoda saja sampai saat ini.

Tempat wisata ini memang cukup terpencil dan hanya bisa diakses dengan menggunakan perahu. Perjalanannya pun cukup lama 7-8 jam.

Sampai saat ini Mrauk U masih digunakan sebagai tempat pemujaan. Sehingga eksistensinya masih diakui bahkan nomor dua setelah Kota Bagan.

9. Pantai Ngwe Saung

Inilah salah satu pantai paling indah di Myanmar, Ngwe Saung. Meski namanya cukup sulit, tapi keindahan pantainya cukup mudah untuk selalu diingat.

Pasir pantai yang halus dan ombak kecil membuat pantai ini cocok untuk pemburu vitamin sea. Lautnya jernih dan tentu saja cocok buat renanng dan foto-foto.

Dari pantai ini, traveler bisa menunggu surut untuk main ke sebuah pulau bernama Lovers di seberang pantai. Di Pulau Lovers, traveler bisa bertemu dengan patung putri duyung. Patung tersebut dipercaya sebagai seseorang yang pernah bersemedi di sana.

10. Balon Udara di Ngapali

Bukan cuma Cappadoccia yang memiliki wisata balon udara, Myanmar juga punya. Traveler yang mau melihat keindahan Myanmar dari atas langit bisa datang ke Mya Byin Village, Ngapali.

Desa ini menyediakan wahana balon udara yang jadi favorit turis. Wahana ini biasanya buka mulai pukul 08.00-18.00 waktu setempat.

Itulah 10 tempat wisata wajib di Myanmar. Kalau kudeta dan pandemi sudah berakhir, cobalah untuk datang ke sini ya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA