Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Mar 2021 18:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Area DMZ Taiwan. Isinya Tank-Propaganda

DMZ Taiwan di Pulau Kinmen
Area DMZ Taiwan di Pulau Kinmen (Foto: CNN)
Taipei -

Selamat datang di Kinmen County yang jadi wilayah DMZ Taiwan. Di sinilah tempat di mana tank terkubur, propaganda, dan wisatawan yang menyukai destinasi antimainstream.

Di puncak bukit di ujung barat laut Pulau Kinmen, Taiwan berdiri Beishan Broadcast Wall. Bangunan beton yang menjulang tinggi ini memiliki 48 pengeras suara.

Beberapa dekade yang lalu, mesin propaganda yang menghadap ke laut ini meledakkan lagu-lagu penyanyi Taiwan, Teresa Teng. Melintasi bentangan laut sejauh 10 kilometer, musiknya ditujukan untuk penduduk Kota Xiamen, China.

Dibangun pada tahun 1967, bangunan itu adalah instrumen kunci dalam perang dingin antara Partai Komunis di China daratan dan Kuomintang yang berkuasa di Taiwan.

Selain memainkan lagu-lagu penyanyi terkenal Taiwan, pihak berwenang menyiarkan pidato, beberapa di antaranya mengundang tentara daratan untuk membelot.

Pengeras suara di Xiamen membalasnya, melontarkan pesan nasionalisme mereka sendiri ke seluruh perairan.

DMZ Taiwan di Pulau KinmenBeishan Broadcast Wall di DMZ Taiwan, Pulau Kinmen (Foto: CNN)

Mengapa pulau kecil Kinmen begitu penting?

China Daratan dan Taiwan memliki pemerintahan secara terpisah sejak 1949 setelah kemenangan Komunis di daratan, setelah perang saudara berdarah. Pihak yang kalah, Kuomintang, melarikan diri ke Taiwan.

Terlepas dari permusuhan politik selama beberapa dekade, warisan budaya dan bahasa mereka masih sama. Tapi, Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian integral dari wilayahnya.

Pulau Kinmen adalah bagian dari Kabupaten Kinmen secara luas. Wilayah ini terdiri dari beberapa pulau kecil di Selat Taiwan antara Kota Xiamen di China daratan dan pulau utama Taiwan.

Pulau ini sebenarnya lebih dekat dengan Xiamen, menjadikannya zona kepentingan geopolitik strategis selama beberapa dekade. Dan, inilah medan perang antara kedua belah pihak.

Diterjemahkan sebagai "Gerbang Emas", Kinmen berada di bawah pemerintahan militer selama 43 tahun, antara 1949 dan 1992. Ketika hubungan lintas-selat membaik, bangunan Broadcast Wall di bekas pangkalan militer berhenti pada awal 1990-an.

DMZ Taiwan di Pulau KinmenBenteng di DMZ Taiwan di Pulau Kinmen (Foto: CNN)

Selanjutnya sejarag Pulau Kinmen >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Taiwan Pamer Kapal Perang Amfibi Terbaru untuk Perkuat AL"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA