Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Apr 2021 04:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Satu-satunya di Dunia, Negara Mayoritas Islam dengan Paham Sekuler

Bonauli
detikTravel
Kota Izmir
Kota Izmir di Turki (iStock)
Ankara -

Tak seperti negara dengan penduduk bermayoritas muslim, yang satu ini berbeda dan jadi satu-satunya. Inilah Turki, negara Islam sekuler satu-satunya di dunia.

Berada di antara Eropa dan Asia membuat Turki unik dengan segala macam kebudayaannya. Bukan melulu soal Cappadocia, Turki sangat menarik dari sisi agama dan pemerintahan.

Dilansir dari berbagai sumber, agama yang hadir lebih dulu di Turki adalah Kristen. Sejarahnya panjangnya diwarnai dengan peran orang-orang suci dari Alkitab.

Berkembangnya waktu, Islam akhirnya masuk lewat pemerintahan Kekhalifahan yang dipimpin oleh Umar bin Khattab. Peristiwa kejatuhan Konstatinopel sampai pembentukan negara baru di kawasan Balkan dan Timur Tengah menjadi salah satu pertanda dominasi Islam di Turki.

Bulan purnama atau Full Moon terlihat di atas Kota Istanbul, Turki,  Minggu (28 /3/2021). Penasaran seperti apa penampakannya? Simak foto-fotonya.Kota Istanbul, Turki. Foto: AP/Emrah Gurel

Meski dominasi Islam begitu terasa, namun kehadiran Mustafa Kemal Ataturk menjadikan Turki negara yang berbeda. Ataturk adalah tokoh besar yang membebaskan Turki dari penjajahan.

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar kalau Makam Ataturk memiliki bau busuk yang menyengat. Berita ini adalah hoaks atau tipuan. Karena makam presiden pertama Turki ini justru sangat luas dan megah.

Lahir dengan nama Ali Riza Oglu atau Mustafa anak Ali Riza, ia kemudian dikenal dengan nama Mustafa Kemal Pasha. Nama Ataturk diberikan pada parlemen pada 1934 atas jasanya membangun Turki.

Ya, jasanya menjadikan Turki sebagai negara Islam sekuler yang modern. Ini artinya Turki membebaskan aktivitas agama apa pun di sana. Namun kegiatan beragama terpisah dengan urusan negara dan pemerintahan.

Ataturk yang berkuasa selama 15 tahun menjamin itu. Bapak revolusi Turki ini membuat pemisahan jelas antara agama dan sistem pendidikannya. Siswa di sekolah akan menerima pelajaran agama di usia tertentu.

Pemerintah Turki juga melarang adanya sekolah perguruan agama swasta. Semua sekolah agama harus berada di kendali pemerintah. Sekolah ini diakui dan memiliki sertifikasi untuk memimpin agama di lingkungan masyarakat.

Perayaan 19 Mei 2019 Memoriam of Mustafa Kemal Ataturk, Youth and Sports Festival Izmir Konak Turkey. Republic Square.Mustafa Kemal Ataturk. Foto: Getty Images/CasPhotography

Hal menarik lainnya adalah konsumsi lotre atau undian. Karena menganut negara sekuler, undian berhadiah menjadi hal yang mudah ditemukan di Turki. Warga lokal pun sangat menikmatinya.

Jika liburan ke Turki sempatkanlah bercengkrama dan mampir ke rumah warga lokal. Karena mereka sangat ramah dan menyambut tamu asing. Buat mereka, tamu yang tidak dikenal dan mampir ke rumah adalah tamunya Tuhan.

Tamu biasanya dijamu dengan makanan enak dan diminta untuk tinggal setidaknya 3 hari. Sudah banyak yang jatuh cinta dengan keramah-tamahan orang Turki. Mungkin kamu selanjutnya, tapi setelah pandemi, ya.

Hari ini Sebagain besar negara Muslim mulai menjalankan ibadah puasa. Berbeda dari negara lain, warga Turki menjalankan puasa sejak rabu kemarin.Warga Turki buka puasa. Foto: Dok



Simak Video "Turki Evakuasi 1.061 Warganya dari Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA