Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 12:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Negara Paling Aman di Dunia, tapi Enggak Punya Militer

Bonauli
detikTravel
Negara Andorra di Eropa
Negara Andorra (Getty Images/iStockphoto)
Andorra la Vella -

Andorra, sudah pernah dengar nama negara ini? Ya, inilah negara terisolasi yang paling aman di dunia.

Negara Andorra terletak di Semenanjung Iberia, tepatnya di Pegunungan Pirenia di Eropa. Di kelilingi pegunungan, negara ini 'terkepung' oleh Prancis dan Spanyol.

Masuk dalam jajaran negara terkecil dunia, luas Andorra hanya 486 km persegi. Kecil-kecil gini, Andorra cabe rawit.

Dilansir dari berbagai sumber, Andorra juga adalah negara teraman di dunia. Saking amannya, tingkat kriminalitas di sini mencapai 0 persen.

Negara Andorra di EropaNegara Andorra di Eropa Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Memang, sudah sejak lama Andorra dikenal sebagai negeri kedamaian. Sebagai negara tertua ke-14 di dunia, Andorra tak pernah dijajah selama ratusan tahun.

Negara terakhir yang menjajahnya adalah Prancis di tahun 1933. Karenanya, Andorra menjadi rute penyelundukan antara Vichy, Prancis dan Spanyol pada perang dunia II.

Mungkin Andorra diselamatkan oleh bentuk wilayahnya. Bayangkan hanya 5 persen saja area subur di sana. Selebihnya hanyalah pegunungan dan salju.

Bersikukuh untuk netral setelah penjajahan, Andorra memiliki perjanjian militer dengan Prancis dan Spanyol. Apa pun yang terjadi di Andorra, Prancis dan Spanyol akan membelanya.

Inilah mengapa, Andorra tidak membentuk satuan militer. Yang ada hanya kepolisian biasa untuk acara formal dan patroli.

Negara Andorra di EropaNegara Andorra di Eropa Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Tapi untuk acara formal dan kenegaraan, Andorra menyiapkan satuan khusus. Isinya pasukan yang berjumlah 12 orang saja. Wajar, tak pernah ada perang selama lebih dari 700 tahun di sini.

Negara paling aman tanpa militer ini bisa terbilang menarik. Memiliki bentuk pemerintahan kerajaan dan dipimpin oleh Pangeran, Andorra makmur.

Seperti Qatar dan Brunei Darussalam, Andorra tidak membebankan pajak pada warganya. Ini mengapa ibu kotanya, Andorra La Vella menjadi surga belanja di Eropa.

Segala barang bermerek bisa ditemukan dengan mudah di sana. Harganya pun lebih murah dari negara lain. Tak perlu khawatir soal keaslinya, semua barang di sini memiliki garansi internasional.

Letak geografisnya menjadi Andorra sebagai negara dengan ibu kota tertinggi di Eropa. Karena banyak turun salju, hampir seluruh warga Andorra menguasai permainan ski.

Ini juga menjadikan Andorra sebagai destinasi ski internasional. Saking banyaknya turis, jumlahnya menyaingi penduduk lokal.

Namun negara tidak memiliki bandara. Sehingga traveler harus rela melalui jalan darat dari Spanyol atau Prancis.

Satu-satunya di dunia yang memiliki bahasa resmi Catalan, Andorra jadi negara unik yang bisa masuk ke bucket list-mu. Tapi, setelah pandemi berlalu, ya.



Simak Video "Komitmen Jokowi Atasi Perubahan Iklim di Depan Wapres Uni Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA