Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mei 2021 14:06 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Al-Aqsa: Kisah Isra Mikraj hingga Kiblat Pertama Umat Islam

Lusiana Mustinda
detikTravel
Masjid Al Aqsa dari Bukit sion
Foto: Erwin Dariyanto
Yerusalem -

Di Masjid Al-Aqsa pada Jumat (07/05) sedikitnya 178 warga Palestina mengalami luka-luka akibat bentrokan antara polisi Israel di Masjid Al-Aqsa.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (8/5/2021), bentrokan ini pecah saat kemarahan memuncak di kalangan warga Palestina terkait potensi penggusuran sejumlah keluarga Palestina dari rumah-rumah mereka yang tanahnya diklaim oleh para pemukim Yahudi yang menggugat ke pengadilan.

Masjidil Aqsa atau Masjid Al-Aqsa disebut juga dengan nama Al Haram Asy Syarif. Masjid Al-Aqsa terletak di kompleks masjid seluas 144.000 meter persegi yang berada di Kota Lama Yerusalem.

Masjid Al-Aqsa juga memiliki desain arsitektur yang memadukan unsur tradisional dan sedikit berpadu dengan sentuhan modern. Masjid Al Aqsa dihiasi dengan 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagian besar ruangannya dihiasi dengan marmer berwarna putih.

Di dalam Al-Aqsa terdapat empat bangunan tempat sholat. Bangunan terbesarnya memiliki kubah emas bernama Qubbatus Saqara atau sering disebut dengan Dome of The Rock. Saking besarnya, banyak yang salah mengartikan salah satu bangunan ini ialah masjid Al-Jami' Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa merupakan situs penting bagi umat Islam di Yerusalem. Di dalamnya terdapat beberapa bangunan penting yaitu Al-Jami Al-Aqsa yang
berkubah abu-abu, Kubah Ash-Sharkah atau Dome of The Rock, Musholla Al Mawarni, Kubah Al-Mi'raj, Kubah As-Silsilahm Kubah An-Nabi dan beberapa
bangunan lain.

Masjid Al-Aqsa juga menjadi salah satu rute perjalanan Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra Miraj dari Masjidil Haral di Mekah sampai Masjid Al-Aqsa di
Yerusalem.

Berikut tentang Masjid Al-Aqsa, salah satu masjid suci kebanggaan umat Islam di dunia:

1. Kiblat pertama umat muslim

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu tempat tersuci bagi umat Islam selain Masjidil Haram di Makah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Al-Aqsa juga jadi kiblat pertama umat Muslim generasi awal hingga 17 bulan setelah hijrah. Kemudian berpindah ke Kakbah di Masjidil Hatam.

Sedangkan menurut kepercayaan Yahudi, tempat yang sekarang menjadi Masjid Al-Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya Bait Suci pada masa lalu. Masjid Al- Aqsa juga memiliki kaitan erat dengan para nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama.

2. Masjid yang disebut dalam Al-Qur'an

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu masjid selain Kakbah yang disebutkan dalam Al-Quran. Masjid yang berada di Yerusalem ini disebutkan dalam firman Allah SWT surat Al-Isra ayat 1 yang berbunyi:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi
sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui."

3. Kubah pertama

Kubah batu yang dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik Ibn Marwan. Awalnya terbuat dari kayu dengan penutup kuningan, timah atau keramik. Kubah ikonik ini dibangun hampir seribu tahun lalu kemudian pada masa pemerintahan Ottoman Khalifah, Suleiman. Lapisan emas yang khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman ke fasad bangunan.

Kubah yang dinamakan Dome of the Rock di dalam kompleks Al Aqsa ini disebut sebagai kubah pertama yang pernah digunakan dalam arsitektur Islam.

Kubah Shakhrah berbentuk segi delapan, kompleks Al Aqsa hingga kini menjadi rebutan 3 agama di dunia, Yahudi, Nasrani, dan IslamKubah Shakhrah berbentuk segi delapan, kompleks Al Aqsa hingga kini menjadi rebutan 3 agama di dunia, Yahudi, Nasrani, dan Islam Foto: (Andik Setiawan/d'Traveler)

4. Kompleks pemakaman

Masjid Al-Aqsa Palestina juga terletak di kompleks tempat pemakaman. Meskipun tidak ada catatan akurat tentang siapa dan berapa banyak makan di sini, kuburan di Al Haram As-Sharif adalah tempat peristirahatan bagi banyak Nabi dan Sahabat Rasulullah SAW.

5. Tempat para cendekiawan

Abu Hamid Al-Ghazali adalah seorang teolog, ahli hukum dan filsuf Persia terkemuka dan sempat bermukim di Al-Aqsa. Al-Ghazali juga disebut sebagai salah satu orang Muslim paling berpengaruh dalam sejarah Islam.

Di sana, ia menulis bukunya Ihyaa Ulum Al-Din (Kebangkitan Ilmu Agama) yang secara luas dianggap menjadi salah satu karya terbesar dalam literatur Islam.

6. Masjid ke-2 di dunia

Masjid Al-Aqsa ialah masjid kedua yang dibangun di dunia. Dalam hadis Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim berkata:

"Aku bertanya, Wahai Rasulullah, Masjid manakah yang pertama kali dibangun?" Beliau menjawab "Masjidil Haram". Aku bertanya lagi "Kemudian (Masjid) mana ?" Beliau menjawab, "Kemudian Masjidil Aqsa". Aku bertanya lagi "Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?" Beliau menjawab "Empat puluh tahun" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

7. Tempat persinggahan Isra Mikraj

Peristiwa Isra Mikraj yang disebutkan di dalam Al-qur'an merupakan mukjizat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, ketika Rasulullah melakukan perjalanan di malam hari ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Peristiwa ini terjadi pada 27 Rajab di tahun ke delapan kenabian. Kisah Isra Mikraj terdapat dalam Al-Quran surat Al Isra ayat pertama.

Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Mikraj berarti naik atau diangkat ke Sidratul Muntaha.

Di malam itu, Rasulullah SAW bersama Malaikat Jibril melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Lalu, Nabi diangkat ke langit ke tujuh untuk bertemu dengan Allah SWT. Dalam peristiwa Isra Mikraj, Rasulullah SAW juga menerima perintah sholat lima waktu.



Simak Video "Aktivis Palestina Ceritakan Kebrutalan Penjara Israel Usai 6 Tahanan Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA