Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Jul 2021 12:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Langka! Inilah Shaun The Sheep di Dunia Nyata

bonauli
detikTravel
Domba Valais blacknose, domba shaun the sheep
(Getty Images/iStockphoto) Valais blacknose
Jakarta -

Domba yang satu ini dijamin bikin gemas. Berwajah hitam dengan bulu putih, domba ini mirip sekali dengan film kartun Shaun The Sheep.

Namanya Valais blacknose alias domba berhidung hitam. Tapi ternyata bukan cuma hidungnya, seluruh tubuhnya pun berwarna hitam. Yang putih hanya bulunya saja.

Dilansir dari berbagai sumber, domba ini memiliki tanduk yang berbeda dari domba lainnya. Bukan melengkung, tapi justru spiral.

Sementara nama valais menjadi keterangan habitat dari domba ini, Swiss. Swiss yang terkenal dengan pegunungan membuat domba ini harus hidup dengan bulu yang lebat.

Domba Valais blacknose, domba shaun the sheepValais blacknose, domba shaun the sheep Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Bulu lebatnya membuat Valais blacknose jadi komiditi benang wol dunia. Domba ini sampai diternakkan di Inggris, Skotlandia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Karena tempat tinggal yang cukup ekstrem, Valais blacknose dapat hidup di tempat terjal. Ketahanan diri mereka di atas rata-rata domba lainnya.

Dalam setahun, satu ekor domba Valais blacknose saja bisa memanen sampai empat kilo benang bulu. Bulu-bulu ini nantinya akan dijadikan benang wol yang digunakan untuk karpet dan pakaian tebal.

Selain bulu, domba ini juga bisa menghasilkan daging. Sehingga bisa dijual sebagai hewan ternak seperti sapi dan kambing. Sang peternak bisa untung berkali-kali lipat.

Domba Valais blacknose, domba shaun the sheepValais blacknose, domba shaun the sheep Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Yang membuat domba ini unggul, Valais blacknose sangatlah jinak. Mereka sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Sudah jinak, domba ini menggemaskan pula. Banyak yang setuju kalau domba satu ini mirip dengan boneka. Mereka sangat menggemaskan!

Namun kini keberadaan Valais blacknose semakin langka. Domba yang berumur 2 minggu saja harga bisa mencapai Rp 100 jutaan per ekor. Kalau kualitasnya bagus, harga seekor Valais blacknose bisa 40 kali lipat dari harga biasanya.

Saking meningkatnya permintaan domba ini, Swiss sendiri sudah melarang adanya ekspor domba Valais blacknose. Wah, ternyata domba Shaun The Sheep ini langka dan sangat mahal!



Simak Video "Biden Cecar Putin soal Isu HAM saat Bertemu"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA