Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Agu 2021 12:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Saipan, Pulau yang Disebut Australia sebagai Bali Baru

Putu Intan
detikTravel
One of the most popular tourist destinations on Saipan, Northern Mariana Islands
Pulau Saipan. Foto: Dok. raksyBH/iStock
Saipan, Mariana Utara -

Media Australia mengatakan, Pulau Saipan di Mariana Utara akan menjadi pesaing Bali dalam hal tujuan wisata. Pulau ini bakal jadi destinasi favorit turis Australia selama Bali ditutup.

Nama Saipan memang masih kalah tenar dibandingkan Bali. Akan tetapi pulau tropis ini tengah mempersiapkan diri untuk membuka pariwisatanya untuk turis mancanegara. Dengan cuaca cerah, laut jernih, dan ombak yang aman, mereka percaya diri untuk menyaingi Bali.

Berikut ini 5 fakta Saipan yang perlu kamu ketahui:

1. Milik Amerika Serikat

Pulau Saipan merupakan bagian dari Kepulauan Mariana Utara yang letaknya di Samudera Pasifik bagian barat. Pulau ini adalah persemakmuran Amerika Serikat (AS).

Sebelum menjadi milik AS, Saipan sempat bergonta-ganti pemilik. Dikutip dari ensiklopedia Britanncia, Saipan pernah dikuasai Spanyol pada 1565-1899.

Kemudian berpindah tangan ke Jerman pada 1899-1914. Pemilik berikutnya adalah Jepang pada 1920.

2. Saksi bisu Perang Dunia II

Kekuasaan Jepang di Saipan tak berlangsung lama. Soalnya pulau itu berhasil direbut tentara AS pada 1944.

Pulau ini menjadi medan perang bagi pasukan AS dan Jepang di kawasan Pasifik saat Perang Dunia II. Saat itu, sekitar 3.500 tentara AS dan 30.000 tentara Jepang tewas dalam peperangan tersebut.

3. Menjadi pangkalan udara AS

Selanjutnya, Pulau Saipan menjadi pangkalan udara penting bagi tentara angkatan udara AS pada tahun 1953-1962. Saipan juga menjadi markas besar Wilayah Perwalian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kepulauan Pasifik yang dikelola AS pada tahun 1962-1986.

4. Tanahnya subur

Saipan dikenal memiliki tanah yang subur untuk pertanian. Di sana dibudidayakan tanaman subsisten seperti talas, singkong, ubi, sukun, dan pisang.

5. Pariwisata jadi andalan

Sektor pariwisata menjadi andalan bagi perekonomian Saipan. Tentunya wisata pantai menjadi daya tarik utama. Biasanya wisatawan mancanegara datang ke sana untuk diving dan snorkeling.

Fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel, restoran, dan bar juga terbilang lengkap. Saipan juga memiliki dermaga komersial dan bandara internasional.



Simak Video "Wisatawan Pantai Dreamland Bali Ditemukan Tewas Usai Hilang 3 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA