Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Okt 2021 14:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Mengagumkan di Dunia

Putu Intan
detikTravel
Sanggar tari dari PT Inalum mementaskan tarian Sipitu Cawan di Desa Meat, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Tarian khas Sumut ini tergolong sakral.
Danau Toba. Foto: Pradita Utama

5. Danau Kariba (Zambia/Zimbabwe)

Danau Kariba adalah danau buatan manusia terbesar di dunia. Danau ini panjangnya 223 kilometer dan lebarnya 40 kilometer.

Danau ini dibuat dengan membendung Sungai Zambezi untuk skema pembangkit listrik tenaga air. Di dalam danau ini hidup berbagai spesies ikan. Di sekitarnya terdapat pondok safari dan kapal pemancingan.

6. Danau Toba (Indonesia)

Sanggar tari dari PT Inalum mementaskan tarian Sipitu Cawan di Desa Meat, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Tarian khas Sumut ini tergolong sakral.Sanggar tari dari PT Inalum mementaskan tarian Sipitu Cawan di Desa Meat, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Tarian khas Sumut ini tergolong sakral. Foto: Pradita Utama

Sebenarnya ada banyak danau yang lebih besar dari Danau Toba tetapi tidak ada yang sejarah terbentuknya semengerikan Danau Toba. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer.

Danau Toba terbentuk dari letusan gunung sekitar 75.000 tahun yang lalu. Letusan itu sendiri diyakini sebagai letusan terbesar dalam 25 juta tahun. Ilmuwan bahkan percaya, letusan ini hampir memusnahkan umat manusia.

7. Danau Eyre (Australia Selatan)

Eyre LakeDanau Eyre. Foto: (iStock)

Danau Eyre adalah danau air asin terbesar di dunia. Luas permukaannya mencapai 9500 kilometer persegi ketika airnya sedang penuh.

Ketika banjir datang yang sering kali dipicu angin topan di Australia utara, ini menyebabkan ledakan pada satwa liar. Jika ingin melihatnya, pesawat Wrights Air menawarkan penerbangan wisata melintasi danau itu.

8. Danau Turkana (Kenya/Etiopia)

Danau Turkana dapat disebut sebagai dana gurun terbesar di dunia. Danau ini juga merupakan danau alkali terbesar di dunia yang airnya tidak dapat diminum.

9. Danau Malawi (Tanzania/Malawi/Kenya)

Danau MalawiDanau Malawi Foto: (iStock)

Danau Malawi adalah danau terbesar kesembilan di dunia berdasarkan volumenya. Tetapi ia juga memiliki keragaman spesies yang tinggi.

Salah satu spesies ikan yang paling banyak di sana adalah spesies keluarga cichild yang jumlahnya sekitar 700-1000. Pariwisata sangat berkembang di sana. Itu ditandai dengan berdirinya resor dan penyedia jasa selam di sana.

10. Danau Michigan (Amerika Serikat)

CHICAGO, IL - JANUARY 06:  Mist rises from Lake Michigan at North Avenue Beach as temperatures dipped well below zero on January 6, 2014 in Chicago, Illinois. Chicago hit a record low of  -16 degree Fahrenheit this morning as a polar air mass brought the coldest temperatures in about two decades into the city.  (Photo by Scott Olson/Getty Images)Danau Michigan. Foto: Scott Olson/Getty Images

Yang terakhir adalah Danau Michigan di Amerika Utara yang mengandung sekitar 21 persen air tawar di permukaan bumi. Ada banyak kegiatan wisata yang dilakukan di sana, mulai dari hiking hingga menikmati taman hiburan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA