Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Des 2021 11:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Luas Wilayah Daratan ASEAN, Indonesia Nomor Wahid

Peta ASEAN
Foto: Google Maps
Jakarta -

Sebagai founder dan anggota ASEAN, Indonesia memegang peranan penting di kawasan. Tak ada salahnya juga kita paham luas wilayah daratan ASEAN.

Dikutip detikTravel dari situs Sekretariat Nasional ASEAN, Jumat (24/12/2021), ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan asosiasi dari negara-negara yang terletak di Asia tenggara.

Asosiasi yang terbentuk pada 8 Agustus 1967 ini diprakarsai oleh lima negara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Hingga kini, ada 10 negara yang tergabung dalam ASEAN. Selain lima negara di atas, ada pula Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Kamboja.
Jika digabungkan, luas wilayah seluruh negara ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Besar tersebut sama dengan 3 persen total luas daratan di bumi.

Indonesia sendiri merupakan negara terbesar di ASEAN. Luas wilayah Indonesia adalah 1,9 juta kilometer persegi. Sementara Singapura adalah negara paling kecil di ASEAN dengan luas hanya 721.5 kilometer persegi.

Indonesia merupakan negara ASEAN paling selatan dan paling timur. Sementara itu, Myanmar merupakan negara ASEAN paling utara sekaligus paling barat.

Indonesia dan Myanmar berbatasan langsung di daratan dengan sejumlah negara kawasan lainnya. Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini (juga dengan Timor Leste karena negara ini belum bergabung dengan ASEAN), sedangkan Myanmar berbatasan dengan 3 negara, yaitu: China, India, dan Bangladesh.

Itulah sekilas informasi tentang luas wilayah daratan ASEAN yang sekiranya berguna bagi traveler. Ternyata, Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke merupakan negara ASEAN yang punya wilayah paling luas.

Sekiranya info ini berguna bagi traveler yang punya buah hati di rumah, terutama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait.



Simak Video "Jokowi-Pemimpin ASEAN Bicara Perubahan Iklim Bareng Wapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA