Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Mar 2022 16:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tahukah Kamu, Rel Kereta Api Surabaya Ternyata Berujung di Sini

Esti Widiyana
detikTravel
ujung stasiun surabaya
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Kereta api menjadi salah satu opsi transportasi favorit sebagian warga Surabaya. Namun, tahukah Anda di mana rel kereta api di Surabaya berujung?

Ujung rel kereta api di Kota Pahlawan terletak di Stasiun Surabaya Kota atau yang lebih dikenal dengan Stasiun Semut. Lokasinya berada di Surabaya bagian utara, tepatnya Jalan Stasiun No. 9 Pabean Cantikan, Surabaya.

Terdapat 4 jalur kereta api di stasiun ini. Tiap jalur berfungsi untuk menghubungkan keberangkatan ke jalur selatan.

"Kalau jalur utara di Stasiun Pasar Turi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arief kepada detikJatim, Senin (28/2/2022).

Luqman menjelaskan, Stasiun Surabaya Kota adalah stasiun pertama yang ada di Surabaya. Stasiun ini menjadi tempat pemberhentian awal dan akhir untuk sebagian kereta api penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya. Sebab, lokasinya cukup strategis dan berada dekat dengan pusat kota.

"Stasiun Kota kan juga besar, jadi bisa untuk beberapa rangkaian kereta api. Sebab, kereta api biasanya berangkat dan berakhir di jalur selatan. Seperti tujuan Banyuwangi, Malang, dan Yogyakarta," jelas Luqman.

Selain kereta api penumpang, stasiun itu juga banyak melayani pemberhentian kereta barang ekspedisi. Serta menjadi tempat langsiran (pergerakan kereta untuk berpindah jalur rel) dan menyimpan rangkaian kereta api lokal, jarak jauh, dan komuter.

Menurut Luqman, Stasiun Surabaya Kota saat ini tidak banyak mengangkut penumpang jarak jauh. Sebab, sebagian dipindahkan ke Stasiun Surabaya Gubeng.

"Jadi Stasiun Surabaya Kota kebanyakan untuk kereta api lokal. Kecuali untuk KA Sri Tanjung masih berhenti di sini," pungkas Luqman.

Artikel ini sudah tayang di detikJatim. Untuk mendapatkan informasi seputar Surabaya dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Balai Yasa Manggarai Pensiunkan 209 Gerbong Kereta di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA