Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Mar 2022 06:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Segera Dibuka, Jembatan Gantung di Yunnan, China Ini Akan Pecahkan Rekor!

Jembatan gantung Lvzhijang
Jembatan Lvzhijang (VCG/Getty Images)
Yunnan -

Jembatan gantung dengan satu menara pertama di dunia akan dibuka bulan depan. Panjangnya mencapai 798 meter!

Berlokasi di Yunnan, China, Jembatan Lvzhijiang membentang di atas lembah sungai. Panjangnya mungkin tak terdengar begitu ekstrem bila dibandingkan dengan beberapa jembatan di dunia. Tapi, proses pembuatan rumitnyalah yang diakui sebagai keajaiban teknik.

Jembatan gantung LvzhijangJembatan gantung Lvzhijang Foto: (VCG/Getty Images)

Jembatan ini berada di atas Lvzhijiang atau bila diterjemahkan menjadi 'Sungai Jus Hijau'. Posisinya terlihat menonjol di antara terowongan yang muncul dari permukaan gunung yang curam di setiap sisi lembah.

Para pejabat pun mengklaim bahwa Jembatan Lvzhijiang akan memecahkan berbagai rekor dunia. Mengapa begitu?

Jembatan Lvzhijiang dibangun di lembah pegunungan berbentuk V dan menjadi jembatan gantung dengan satu menara dan satu bentang pertama di dunia. Ya, hanya ada satu menara yang menopang jembatan ini, di sisi lainnya ditopang oleh kabel.

Sebab berada di lanskap yang kasar, semua elemen pendukung seperti menara setinggi 156 meter hingga jangkar terowongan di ujung lainnya ini dibangun dia tas lereng yang curam.

"Perbedaan ketinggian antara dek jembatan dan halaman perakitan setinggi 320 meter atau sekitar 100 lantai... kompleksitas proyek ini jarang terlihat di China," kata manajer proyek kepada media pemerintah China.

Jembatan Lvzhijang menghubungkan Kota Yuxi dan Prefektur Otonomi Chuxiong Yi Yunnan. Tentu keberadaannya akan mempersingkat waktu perjalanan. Batas kecepatan maksimum kendaraan adalah 100 km per jam.

Proses konstruksi jembatan dimulai pada tahun 2019, pembangunan membutuhkan waktu selama sekitar tiga tahun. Jembatan ini diperkirakan akan dibuka untuk lalu lintas pada akhir bulan April mendatang.

Jembatan Lvzhijiang merupakan bagian penting dari Jalan Tol Yuchu sepanjang 190 km dan Jalan Raya Yunnan sepanjang 9.000 km. Jalan tol Yuchu menghubungkan Yunnan dengan Jalan Tol Hangzhou-Rulli (kota Yunnan barat yang berbatasan dengan Myanmar) juga Jalan Tol Guangzhou-Kunming.

Ternyata, pembangunan jalan raya superlatif bukan satu-satunya prestasi yang berhasil dicapai provinsi barat China dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, Kereta Api China-Laos berkecepatan tinggi dibuka untuk publik pada Oktober tahun lalu.

Simak juga 'China Eastern Airlines Hentikan Penerbangan dan Bekukan 109 Pesawat':

[Gambas:Video 20detik]



(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA