Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Apr 2022 19:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seseram Alcatraz, Pulau Penjara Ini Bakal Dibuka Untuk Turis, Berani?

bonauli
detikTravel
Islas Marias, pulau bekas penjara di Meksiko
Islas Marias (AFP)
Islas Marias -

Sebuah pulau bekas penjara di Meksiko ini dulunya seseram Alcatraz. Rencananya pulau bekas penjara ini bakal dibuka untuk turis.

Dilansir dari Lonely Planet, pulau ini berada di Kepulauan Islas Marias di Meksiko. Rencananya pulau penjara ini akan dibuka 3 tahun lagi, setelah narapidana terakhir bebas.

Di masa lalunya pulau penjara ini memiliki masa lalu yang kelam. Islas Marias sering dibandingkan dengan Alcatraz atau Puluai Robben karena terkenal penjara yang kejam.

Islas Marias dibuka pada tahun 1905 sebagai tempat tahanan kaum sosialis dan pekerja yang mogok di bawah rezim Porifirio Diaz. Para tahanan dibiarkan menderita dalam kondisi brutal.

Seorang mantan narapidana Beatriz Maldonado berbicara mengenai kondisi kehidupan tak manusiawi yang dialaminya. Dia menggambarkan penjara dengan gudang berlantai tanah yang mana 500 wanita berbagi 5 kamar mandi.

"Kami tinggal di kandang ayam," katanya.

Islas Marias, pulau bekas penjara di MeksikoIslas Marias, pulau bekas penjara di Meksiko Foto: (AFP)

Presiden Meksiko Lopez Obrador mengatakan bahwa penjara itu terkenal karena kekejamannya. Jangankan keadilan, hak asasi manusia saja dilanggar.

"Apa yang tadinya neraka kini menjadi surga. Dalam tiga bulan, pulau in iakan terbuka untuk pengunjung yang akan memiliki banyak hal untuk dilihat, dilakukan, dijelajahi dan dinikmati," jelasnya.

Kepulauan Islas Marias sendiri merupakan situs warisan dunia UNESCO. Kekayaan lautnya menjadikan kepualauan ini memiliki terumbu karang, hutan bakau, satwa liar langka seperti rakun Tres Marias dan kelinci kapas Tres Marian.

Cagar alam ini menjadi tempat utama untuk mengamati hiu paus dan jadi sarang sekaligus tempat berburu bagi koloni burung laut, hiu dan penyu.

Nantinya Islas Marias akan menjadi pusat wisata ramah lingkungan. Pengunjung mulai bisa menikmati pulau bekas penjara ini pada bulan Juli 2022.



Simak Video "Miris! Migran Venezuela Gelar Aksi Jahit Mulut, Desak Masuk Wilayah AS"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA