Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Apr 2022 15:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Tulou, Perumahan Kuno di China dengan Sistem Pertahanan

Putu Intan
detikTravel
Benteng Fujian Tulou di China
Perumahan kuno Tulou di China. Foto: (Sheng Li/Reuters)
Jakarta -

Traveler yang menonton film Mulan pasti tak asing dengan Tulou. Ya, perumahan kuno dari China ini terkenal memiliki sistem pertahanan kuat.

Tulou merupakan perumahan dari Suku Hakka. Perumahan ini bentuknya unik, yakni berupa lingkaran dan terdiri atas 3-4 lantai. Tulou sendiri dapat menampung hingga 800 orang.

Benteng Fujian Tulou di ChinaBenteng Fujian Tulou di China. Foto: (Sheng Li/Reuters)

Perumahan yang terletak di Provinsi Fujian ini diperkirakan dibangun antara abad ke-15 hingga 20. Bangunannya dirancang untuk menghadapi serangan musuh.

Tulou dibangun dengan dinding setebal 1,5 meter. Kemudian perumahan itu juga dibentengi gerbang besi dan dilengkapi terowongan bawah tanah serta senjata.

Benteng Fujian Tulou di ChinaBenteng Fujian Tulou di China. Foto: (Sheng Li/Reuters)

Hal ini dilakukan karena orang Hakka kerap menghadapi konflik dengan penduduk asli. Orang Hakka sendiri sempat bermigrasi dari provinsi di China selatan ke bagian utara.

Sementara itu, halaman utama di bagian tengah perumahan dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan, festival, dan pernikahan. Kemudian koridor perumahan juga menghubungkan kamar-kamar penduduk yang berguna untuk mendorong interaksi.

Benteng Fujian Tulou di ChinaBenteng Fujian Tulou di China. Foto: (Sheng Li/Reuters)

Tulou sudah dilengkapi dengan fasilitas listrik dan pasokan air. Sementara itu untuk sumber makanan mereka memiliki ladang sendiri atau membeli dari desa-desa terdekat.

Semakin lama, jumlah orang yang tinggal di Tulou semakin menurun karena banyak generasi muda pindah ke kota untuk mendapatkan pekerjaan dan kesempatan pendidikan yang lebih baik.

Sementara itu untuk menopang perekonomian orang Hakka di Tulou, tempat ini dijadikan desa wisata. Wisatawan dapat datang ke sana untuk menyaksikan secara langsung kemegahan Tulou.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 6,1 Guncang Sichuan China, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA