Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Mei 2022 23:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 10 Tempat Wisata yang Terancam Hilang dari Bumi

bonauli
detikTravel
Couple on a tropical beach jetty at Maldives
Ilustrasi Maldives (iStock)
Jakarta -

Isu pemanasan global sudah bergaung sejak lama. Sejak itu pula, beberapa tempat di dunia ikut terancam hilang.

Pemanasan global membuat permukaan air laut naik, kebakaran hutan dan fenomena cuaca yang ekstrem. Tak pandang bulu, pemanasan global ini pun menghantam seluruh dunia, termasuk tempat-tempat wisata.

Dilansir dari Traveller, Jumat (20/5/2022) ada 10 tujuan wisata dunia yang terancam hilang dari bumi karena pemanasan global. Sebelum hilang, cobalah kunjungi tempat-tempat ini:

1. Rio de Janeiro

RIO DE JANEIRO, BRASIL - 26 DESEMBER: Dalam pandangan udara, orang-orang terlihat di Pantai Ipanema pada 26 Desember 2021 di Rio de Janeiro, Brasil. Pantai-pantai Brasil ramai dengan datangnya musim panas meskipun varian Omicron COVID-19 menyebar ke seluruh dunia. Balai Kota akan mengadakan pesta Malam Tahun Baru di pantai Copacabana, mengambil risiko dari varian baru. (Foto oleh Buda Mendes/Getty Images)RIO DE JANEIRO, BRASIL Foto: Getty Images/Buda Mendes

Naiknya permukaan air laut akan berdampak besar bagi Rio de Janeiro. Kota pesisir ini diprediksi hilang pada tahun 2100.

Kawasan yang terancam hilang adalah Pantai Copacabana, Ipemema sampai Taman Nasional Hutan Tijuca. Padahal taman nasional ini adalah rumah bagi burung toucan dan juga monyet.

2. Maldives

MaldivesMaldives Foto: Ryan Febrian/d'Traveler

Negara kepulauan Maldives terkenal sebagai tujuan wisata honeymoon. Sayangnya. Maldives hanya memiliki ketinggian rata-rata 1,3 meter di atas permukaan laut.

Beberapa orang komunitas sudah mengungsi karena naiknya air laut ke daratan. Sementara itu resor-resor mewah dengan pasir putih yang sempurna pun terancam hilang. Saat ini pemerintah Maldives sedang berupaya untuk mengurangi jejak karbon agar bisa memperlambat naiknya permukaan air laut.

3. Cape Flora, Afrika Selatan

Sudut barat daya Afrika Selatan di sekitar Cape Town memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Yang terkenal adalah Taman Nasional Gunung Table dan Kebun Raya Nasional Kirstenbosch.

Taman nasional ini kini mulai kekeringan, kebakaran hutan dan memiliki suhu yang panas. Sehingga sangat berdampak pada kehidupan flora dan burung.

4. Ilulissat Icefjord, Greenland

Es di Greenland mulai mencair karena naiknya suhu bumi. Ekowisata gletser pun mulai menurun dan kehilangan identitasnya sebagai bagian dari Kutub Utara.

Semua es di Greenland terancam habis. Retakan gletser mulai sering terdengar, tanda bahwa es terus-terusan mencair karena naiknya suhu bumi.

5. Great Barrier Reef, Australia

PBB Usulkan Great Barrier Reef Dimasukkan Daftar Dalam Bahaya, Australia ProtesGreat Barrier Reef Foto: DW (News)

Bleaching atau pemutihan karang di Great Barrier Reef bukanlah berita baru. Naiknya suhu bumi juga berpengaruh pada air laut yang makin panas.

Kini sistem terumbu karang terbesar dunia ini terancam punah. Bahkan terumbu di Belize hingga Bahama pun ikutan terancam punah karena makin panasnya air di laut.

(Halaman selanjutnya>>>)

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×