Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 20 Mei 2022 23:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 10 Tempat Wisata yang Terancam Hilang dari Bumi

bonauli
detikTravel
Couple on a tropical beach jetty at Maldives
Ilustrasi Maldives (iStock)

6. Laut Mati, Israel

Laut Mati menjadi salah satu tempat wisata unik di dunia. Namun kini sepertiga dari Laut Mati telah lenyap. Garis pantainya terus menyusut hingga satu meter tiap tahun.

Lovely girls floating in salty water of Dead Sea. Unusual buoyancy caused by high salinity.Laut Mati Foto: Getty Images/iStockphoto/RuslanDashinsky

Aktivitas manusia menjadi masalah utama, ditambah lagi dengan kenaikan suhu bumi. Beberapa ahli mengatakan bahwa Laut Mati akan hilang pada tahun 2050.

7. Venesia, Italia

Jembatan ikonik di Venesia.Jembatan ikonik di Venesia. Foto: (Shutterstock)

Venesia si Kota Kanal memang kerap dilanda banjir. Tiap tahunnya, banjir di Venesia makin parah karena banyaknya rentetan proyek berskandal.

Ini jadi salah satu sebab dari naiknya permukaan air laut di bumi. Meski tergenang air, Venesia tetap dinilai mempesona dan menawan.

8. Madagaskar

Madagaskar masuk daftar dari lima negara teratas yang paling mungkin terkena dampak perubahan iklim. Perubahan ini sudah mempengaruhi spesies lemur dan bunglon yang hidup di sana.

Populasi manusia dari Selatan yang dilanda kekeringan berdampak pada taman nasional. Sementara curah hujan yang tinggi akan merusak bagian utara dan menghancurkan habitat bakau.

9. Taman Nasional Glacier, AS

Taman nasional yang luas di Montana memiliki masalah yang sama. Gletsernya mulai mencair dan hampir habis. Saat ini Montana memiliki 39 gletser yang jadi daya tarik.

Hilangnya gletser akan mempengaruhi kehidupan flora, fauna dan iklim mikro. Sehingga taman nasional ini masuk dalam ancaman kepunahan.

10. Kebun Anggur Rhone, Prancis

Lembah Rhone menjadi kebun anggur yang terkenal di dunia. Kini semua kebun anggurnya dalam masalah karena adanya kenaikan suhu di sana.

Beberapa ahli memperkirakan penurunan sampai 85 persen tanaman merambat hingga 50 tahun ke depan. Lembah Rhone juga masuk dalam daftar yang terancam punah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA