Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Jun 2022 10:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Satu-satunya Negara yang Tak Punya 'Tanah'

bonauli
detikTravel
Sovereign Military Order of Malta
Sovereign Military Order of Malta (Getty Images)
Malta -

Semua negara pasti punya wilayah, sehingga bisa dikenali dan dikunjungi. Tapi tidak dengan yang negara yang satu ini.

Namanya Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta, atau biasa disebut Sovereign Military Order of Malta. Tapi jangan salah, ini bukan Republik Malta!

Dilansir dari The Culture Trip, negara ini di jarang diketahui oleh wisatawan dunia, padahal diakui oleh PBB dan memiliki hubungan diplomatik dengan 107 negara.

Lalu mengapa tak memiliki tanah?

Sovereign Military Order of Malta adalah ordo ksatria Katolik roma yang didirikan pada tahun 1099 di Yerusalem. Pendirinya adalah Beato Gerard. Sovereign Military Order of Malta sendiri baru diberi 'tanah' pada tahun 1998.

Dalam sejarahnya yang panjang, ordo ini punya tanah dan penduduknya tinggal di Israel modern, Siprus Yunani, Italia dan Malta. Pemerintahannya adalah monarki elektif dan dipimpin oleh seorang Pangeran dan Grand Master.

Sovereign Military Order of MaltaSovereign Military Order of Malta Foto: (Getty Images)

Saat zaman semakin modern, ordo mulai ditinggalkan. Namun Sovereign Military Order of Malta masih memiliki anggota, bahkan jadi ordo ksatria tertua yang masih ada di dunia.

Seperti negara lainnya, Sovereign Military Order of Malta memiliki bendera dan lambang sendiri. Bendera ini berkibar di sejumlah tempat di seluruh dunia, sebagian besar di pulau Malta dan Italia adalah kantor pusatnya. Bendera resmi adalah salib putih dengan latar belakang merah.

Populasinya hanya dua orang, sementara anggotanya 13.000 orang dan 80.000 sukarelawan. Mereka memiliki paspor dan plat nomor mobil sendiri!

Sebagai negara tanpa tanah, Sovereign Military Order of Malta bisa dikunjungi beberapa tempat. Tempat-tempat ini secara resmi dimiliki oleh Sovereign Military Order of Malta.

Yang pertama adalah Palazzo Malta di Roma, Italia. Bangunan ini adalah markas terpenting dari ordo militer dan memiliki bendera Sovereign Military Order of Malta yang berkibar di luar gedung.

Sovereign Military Order of MaltaBenteng St Angelo bagian dari Sovereign Military Order of Malta Foto: (Getty Images)

Masih di Italia, selanjutnya adalah Villa Malta di Italia. Bangunan ini merupakan rumah bagi Biarawan Agung Ordo Militer. Meskipun berada dalam perbatasan Italia, Villa Malta dan Palazzo Malta memiliki status ekstrateritorial.

Hal ini dikarenakan Italia adalah satu dari 107 negara yang mengakui Sovereign Military Order of Malta sebagai negara. Villa Malta juga berisi kedutaan Sovereign Military Order of Malta untuk Italia.

Selanjutnya adalah Benteng St Angelo di Malta. Benteng ini jadi wilayah Sovereign Military Order of Malta yang paling besar. Bagian atas benteng inilah yang disewakan pada Sovereign Military Order of Malta dengan masa sewa 99 tahun.

Sovereign Military Order of Malta dikenal juga sebagai Knight Residence dan dijadikan sebagai tur wisata di Republik Malta.



Simak Video "Warga Lokal di IKN Bakal Diberi Pelatihan, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA