Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 10:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Masuk?

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Winter scenery of the Old Town in Helsinki, Finland
Finlandia. Foto: Getty Images/iStockphoto/scanrail
Jakarta -

Negara mana yang masyarakatnya paling bahagia? World Happiness Report (WHR) 2022 merilis ranking kebahagiaan dari 146 negara dalam kurun waktu tiga tahun, yakni tahun 2019-2021.

Skor yang tertera pada ranking didasarkan pada penilaian individual mengenai kehidupan yang dilakukan oleh warga negara bersangkutan. Asesmen ini dilakukan dengan mengisi kuesioner evaluasi kehidupan yang menggunakan skala kepuasan hidup Cantril Ladder.

Data asesmen individu yang diterima WHR, kemudian dibandingkan dengan data dari 6 variabel yang dianggap berkontribusi terhadap kepuasan hidup, yaitu: pendapatan per kapita, dukungan sosial, harapan hidup, kebebasan, kedermawanan, dan korupsi. Keenam data ini digunakan untuk menjelaskan dan mengestimasikan skor kepuasan hidup yang ada pada negara tersebut.

Berdasarkan data dari World Happiness Report 2022, 5 negara dengan skor tertinggi adalah sebagai berikut:

  1. Finlandia, dengan skor 7.821
  2. Denmark, dengan skor 7.636
  3. Islandia, dengan skor 7.557
  4. Swiss, dengan skor 7.512
  5. Belanda, dengan skor 7.415

Mengutip dari World Population Review, berikut adalah ulasan singkat mengapa kelima negara dapat menjadi negara paling bahagia di dunia:

Finlandia


Menjadi negara paling bahagia karena warganya merasakan dukungan sosial yang sangat kuat dari komunitas tempat tinggalnya. Serta adanya rasa saling percaya antar warganya. Tidak hanya itu, warga Finlandia juga merasa bahwa mereka memiliki kebebasan untuk memilih dan memiliki kecurigaan minimal terhadap dugaan korupsi di pemerintahan.

Denmark


Secara umum, skor Denmark dalam 6 variabel penunjang kepuasan hidup warga negara mirip dengan skor yang dimiliki Finlandia. Namun, dalam tiga kategori, Denmark justru memiliki skor yang lebih tinggi. Yakni dalam pendapatan per kapita, kedermawanan, dan kekhawatiran akan korupsi.

Swiss


Sebagai negara paling bahagia ketiga, Swiss menjadi salah satu negara paling sehat. Swiss merupakan salah satu negara dengan angka obesitas paling rendah serta dengan angka harapan hidup yang tinggi. Tidak hanya itu, Swiss juga merupakan salah satu negara paling aman di dunia. Dari sisi ekonomi, Swiss merupakan negara dengan pendapatan per kapita tertinggi dalam daftar lima negara ini.

Islandia


Meski berada di ranking empat, namun Islandia merupakan negara dengan skor dukungan sosial tertinggi. Skor ini bahkan lebih tinggi dari negara-negara yang memiliki ranking di atasnya. Selain itu, Islandia juga mempunyai skor kedermawanan tertinggi kedua dari negara dalam daftar lima besar ini.

Belanda


Negara paling bahagia kelima adalah Belanda. Negara ini memiliki skor kedermawanan tertinggi di antara keempat negara lainnya. Selain itu, Belanda juga memiliki skor impresif dalam kategori kekhawatiran akan korupsi yang menunjukkan bahwa warga Belanda memiliki tingkat kekhawatiran yang minimum.

Lalu Indonesia ada di ranking berapa? Indonesia ada di urutan 87 dengan skor 5.240



Simak Video "Finlandia Akan Gabung NATO, Rusia Anggap Ancaman Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA