Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 03 Okt 2022 18:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Misteri Hantu Evalyn di KBRI Washington yang Megah

KBRI Washington
KBRI Washington DC (Meliyanti/detikcom)
Washington DC -

Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC jadi salah satu destinasi populer di Amerika Serikat. Katanya, gedung ini berhantu!

KBRI di Washington DC menjadi salah satu kedutaan terbesar di AS bersama dengan Kedutaan Besar Inggris dan Kanada. KBRI di Washington DC ini juga menjadi yang termahal saat dibeli tahun 1951.

Dikenal dengan nama Walsh-McLean House, gedung ini dibeli dari Evalyn Walsh-McLean, seorang sosialita yang mewarisi rumah mewah ini dari ayahnya, pengusaha tambang bernama James McLean.

Ali Sastroamidjojo yang menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia membelinya atas nama pemerintah Indonesia. Harga 335 ribu dolar AS atau setara Rp 5 M (jika menggunakan kurs Rp 15.100 per dolar) pada Desember 1951.

Gedung berlantai empat ini memiliki 60 ruangan yang kini difungsikan sebagai ruang kerja. KBRI Washington D.C terletak di jalan Massachusetts Avenue, yang dikenal sebagai Embassy Row. Disebut Embassy Row karena banyak kedutaan besar negara-negara di sini.

KBRI WashingtonKBRI Washington Foto: (Meliyanti/detikcom)

Di dalamnya ada deretan barang kuno berharga, mulai dari organ antik hingga atap berkaca patri buatan Tiffany's menghiasi atap gedung. Pembangunan ini menghabiskan dana hingga 835 ribu dolar AS ini (Rp 12,7 M menggunakan kurs Rp 15.100 dolar). Wow!

Salah satu ruangannya bernama Garuda Room yang biasa difungsikan sebagai ruang tamu, seperti saat Mendikbudristek Nadiem Makarim menerima wawancara dengan majalah Foreign Policy, Kamis (22/9/2022). Kegiatan ini difasilitasi oleh KBRI Washington D.C. melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada pula Presidents Room yang merupakan ruangan besar alias ruang serba guna. Biasa aneka pertunjukan dan jamuan diplomatik digelar di sini. Nama Presidents Room diberikan karena terdapat foto presiden RI dari masa ke masa.

KBRI WashingtonKBRI Washington Foto: (Meliyanti/detikcom)

Kemudian ada lukisan besar dua pahlawan nasional, Jenderal Sudirman dan Pangeran Diponegoro terpajang gagah di sana. Untuk menambah keestetikan dan keanggunan KBRI, ada karya senin anak negeri yang diletakkan hampir di seluruh sudut bangunan.

Dari semua tempat, yang paling populer dan penuh misteri adalah tangga besar menyerupai tangga di kapal Titanic. Tangga ini jadi lokasi favorit tamu KBRI Washington DC.

Banyak rumor mistis beredar di gedung ini mulai dari penampakan Evalyn Walsh muda hingga pesta dansa tanpa peserta di ruang serba guna dan area tangga. Tak sedikit mata yang pernah menangkap kilasan bayangan seorang wanita cantik yang dianggap sebagai Evalyn di sana. Hiiii...

Rumor mengenai hantu Evalyn ini terinformasikan secara jelas dalam booklet mengenai KBRI Washington.

KBRI WashingtonPenampakan hantu Evalyn di KBRI Washington, traveler melihat bayangannya di foto ini? Foto: (Meliyanti/detikcom)



Simak Video "Helikopter di California Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA