Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Feb 2013 16:48 WIB

TRAVEL NEWS

Dubai Akan Punya Bianglala Tertinggi di Dunia

Sri Anindiati Nursastri
Redaksi Travel
Grafik perbandingan Dubai Eye dengan beberapa bianglala di dunia (CNN Travel)
Grafik perbandingan Dubai Eye dengan beberapa bianglala di dunia (CNN Travel)
Dubai - Singapore punya Singapore Flyer, dan Kota London punya London Eye. Nanti, Kota Dubai di UEA akan punya bianglala yang lebih tinggi dari dua pendahulunya. Namanya Dubai Eye, tingginya mencapai 210 meter!

Dari CNN Travel, Senin (18/2/2013), inilah proyek raksasa berikutnya di Kota Dubai. Bianglala tertinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter, Dubai Eye, akan mengalahkan para pendahulunya. Saat ini sudah ada 3 bianglala yang bisa dinikmati wisatawan: London Eye di London (135 meter), The Star of Nanchang di sebelah tenggara China (160 meter), dan Singapore Flyer (165 meter).

Di AS, Kota Las Vegas dan New York berlomba membuat bianglala yang lebih tinggi. Di Las Vegas ada The High Roller (168 meter), sementara New York ada New York Wheel (190 meter). Keduanya sedang dalam masa pembangunan.

Tapi rencana proyek Dubai Eye akan mengalahkan semuanya. Betapa tidak, dengan tinggi 210 meter, bianglala ini akan jadi yang tertinggi di dunia.

Nantinya, wisatawan yang naik Dubai Eye bisa menyaksikan landmark-landmark di kota tersebut. Burj Al Arab dan Palm Jumeirah adalah dua di antaranya. Masing-masing kapsul akan punya layar LED besar untuk informasi dan iklan.

Di bagian kaki Dubai Eye akan dibangun komplek hiburan dan fasilitas MICE. Desain dan konstruksi bianglala ini dipegang oleh Hyundai Contracting dan Starneth Engineering sebagai bagian dari Bluewaters Project. Ini adalah proyek yang sama dengan pembangunan Jumeirah Beach Residence di pesisir Dubai.

Berapa dana yang dihabiskan untuk pembangunan Dubai Eye? Tak tanggung-tanggung, US$ 1,6 miliar (sekitar Rp 155 triliun). Di bagian kaki bianglala juga akan dibangun restoran, pertokoan, dan hotel bintang lima. Wow!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED