Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Apr 2013 08:10 WIB

TRAVEL NEWS

Sebelum ke Eropa, Kenali Dulu Visa Schengen

Afif Farhan
detikTravel
Visa Schengen (Thinkstock)
Visa Schengen (Thinkstock)
Jakarta - Liburan ke Eropa, jangan lupa membawa Visa Schengen. Inilah 'benda sakti' yang memudahkan Anda untuk bertualang ke 20 lebih negara di Eropa, seperti Perancis, Jerman, dan masih banyak lagi. Yuk, kenali cara membuat Visa Schengen!

Eropa memiliki banyak destinasi di tiap negaranya. Asyiknya, letak tiap negara di Eropa cukup berdekatan. Sehingga Anda bisa mengirit waktu untuk jalan-jalan ke banyak tempat. Tapi sebelum itu, siapkan dulu Visa Schengen.

Visa ini adalah hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, suatu kota di Luxemburg pada tahun 1985. Salah satu isinya adalah menghapus pengawasan perbatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek.

Dilansir dari situs Visa Schengen, Kamis (4/4/2013), Visa Schengen adalah visa khusus yang dapat dimiliki traveler untuk menjelajahi negara Uni Eropa. Tercatat, ada 25 negara (22 negara Uni Eropa dan 3 non-Uni Eropa) yang bisa Anda jelajahi lebih praktis dengan visa ini.

Itu artinya, Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat visa jika ingin pindah negara atau rumit di jalur imigrasi. Visa ini memudahkan segalanya!

25 Negara yang dapat Anda jelajahi dengan Visa Schengen adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Visa ini berlaku bagi orang-orang yang ingin traveling atau berbisnis di Eropa. Batas waktu paling lama menggunakan Visa Schengen adalah 90 hari dalam jangka waktu 6 bulan.

Anda bisa menghubungi Kedutaan Besar tiap negara Uni Eropa yang ada di Jakarta untuk membuat Visa Schengen. Kedubes Hungaria, Swiss, Belanda dan Yunani ada di Jl HR Rasuna Said. Kedubes Italia di Jl Diponegoro, Kedubes Perancis dan Jerman di Jl MH Thamrin, dan lain-lain. Pembuatan Visa Schengen harus dilakukan di negara yang menjadi tujuan utama Anda pertama kali atau negara yang ditempati lebih lama.

Dari situs Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Anda bisa mengajukan permohonan visa Schengen dengan tujuan utama Belanda, Belgia atau Luksemburg di kedutaan ini. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membuka situs resminya di indonesia-in.nlembassy.org.

Selain itu, beberapa situs Kedutaan Besar lainnya juga dapat Anda buka, seperti Kedutaan Besar Jerman di www.jakarta.diplo.de, Kedutaan Besar Perancis di www.ambafrance-id.org, atau Kedutaan Besar Swiss di www.eda.admin.ch. Di tiap situsnya, Anda bisa melihat bagaimana pembuatan visa Schagen dan membuat janji via online untuk pembuatan visa tersebut.

Di tiap situs kedutaan besar tersebut, Anda dapat mengetahui syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Visa Schengen. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan adalah akte lahir, kartu keluarga, surat nikah, paspor dan dua lembar pasfoto ukuran 3,5 x 4,5 dengan latar belakang putih. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat Visa Schengen ini sekitar 60 Euro atau sekitar Rp 760.000.

Dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Jerman Jakarta, bagi traveler yang ingin membuat Visa Schegen rupanya harus mencantumkan kecukupan dana bagi pemenuhan biaya hidup. Baik itu selama jangka waktu kunjungan dan untuk perjalanan pulang ke negara asal atau untuk transit ke negara ketiga yang mana telah dijaminkan izinnya, atau bukti booking tiket pesawat dan reservasi hotel.

Berkas bukti yang biasanya diminta adalah buku tabungan yang memperlihatkan pergerakan saldo rekening pada suatu waktu tertentu (paling tidak 3 bulan), kartu kredit, lembaran penerimaan gaji, atau surat keterangan pekerjaan.

Asyiknya, sekarang Visa Schengen akan selesai dalam 3 hari kerja. Ayo, Siapkan segala persyaratan untuk membuat Visa Schagen dan bersiaplah untuk menaklukan Eropa!



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Hotel Mewah Tanpa Restoran

Kamis, 23 Mei 2019 09:45 WIB

Jepang selalu punya inovasi berbeda untuk menarik wisatawan. Di Karuizawa, ada sebuah hotel yang menawarkan konsep mewah tapi minimalis, Shishi-Iwa Hotel.

Foto: Fenomena Air Terjun 'Beku'

Kamis, 23 Mei 2019 08:20 WIB

Sekilas pandang, gambar ini seperti air terjun bukan? Jangan terkecoh, ini adalah bebatuan mineral berbentuk air terjun beku. Coba tebak di mana?

Penampakan Pohon Cinta di Lombok

Kamis, 23 Mei 2019 04:40 WIB

Suku Sade di Lombok Tengah punya pohon tak biasa. Namanya Pohono Cinta, tempat janju bertemu pasangan kekasih sebelum kawin lari. Seperti apa ya?