Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jun 2013 13:28 WIB

TRAVEL NEWS

Sulteng Akan Pamer Potensi Wisata Laut di Hari Nusantara 2013

Faela Shafa
Redaksi Travel
Suasana jumpa pers (shafa/detikTravel)
Suasana jumpa pers (shafa/detikTravel)
Jakarta - Beragam atraksi wisata, workshop dan pertunjukan akan digelar dalam peringatan Hari Nusantara 2013. Tahun ini, tuan rumahnya adalah Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Palu. Beragam keindahan laut pun akan dipamerkan.

Berawal dari Deklarasi Juanda 1957, yaitu "Bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan wawasan Nusantara", peringatan Hari Nusantara digelar. Setiap tahun, acara diadakan di tempat berbeda yang identik dengan potensi baharinya.

Tahun ini peringatan Hari Nusantara 2013 diadakan di Palu, Sulawesi Tengah. Acara yang berpuncak pada 13 Desember 2013 mendatang memiliki banyak rangkaian kegiatan.

"Ada seminar nasional dan bincang tentang laut, gelar seni budaya, pameran produk, tarian serta musik dengan tema bahari," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam konferensi pers Hari Nusantara 2013 di Ruang Pulau Bidadari, Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/6/2013).

Masih banyak lagi acara pendukung yang menarik antara lain Indonesia World Underwater Photo Contest 2013, dan Indonesia Fishing Tournament yang terbuka untuk umum. Tambah Mari, ada juga pemilihan Putera dan Puteri Laut, bersih-bersih laut dan penanaman hutan bakau di acara itu.

Sedangkan mengapa dipilih Sulawesi Tenggara adalah sebagian besar kawasan di sana adalah bahari. Bisa dibilang, Sulteng sebagai provinsi maritim. Melengkapi keseruan acara, rencananya akan ada parade kapal perang di sana.

"Nanti ada sailing kapal perang di Teluk Palu, di pusat tempat acara yaitu di Palu," tambah Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam acara yang sama.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Serasa Melayang di Atas Air

Sabtu, 21 Okt 2017 11:40 WIB

Bermain kayak, biasanya dilakukan di sebuah danau yang biasa-biasa saja. Namun kalau kayaknya bening dan airnya jernih, serasa sedang melayang saja!