Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Agu 2013 17:29 WIB

TRAVEL NEWS

Kejar Target 2013, Indonesia Masih Butuh 4,2 Juta Wisman

Suasana jumpa pers (sastri/detikTravel)
Suasana jumpa pers (sastri/detikTravel)
Jakarta - Pada kuartal pertama 2013, sudah ada 4,1 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia. Agar target minimal 8,3 juta wisman tercapai, Indonesia butuh 4,2 juta wisman pada kuartal kedua.

"Secara akumulatif, pertumbuhan wisman Januari-Juni 2013 meningkat 7,2 % dari tahun lalu," tutur Menparekraf Mari Elka Pangestu saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2013).

Jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia pada Januari-Juni 2013 adalah 4.154.478 orang. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama di tahun lalu yakni 3.876.310 orang.

"Wisman dengan pertumbuhan tinggi datang dari UEA, Arab Saudi, China, Mesir dan Hong Kong," tambah Mari.

Kemenparekraf telah menetapkan target kunjungan wisman 2013 dalam 3 skenario. Pertama adalah target pesimistis yaitu 8,3 juta, target moderat 8,6 juta, dan target optimistis 8,9 juta wisman.

Berarti agar target tercapai, Indonesia butuh sekitar 4,2 juta wisman pada kuartal kedua. Mari pun optimis angka tersebut bisa tercapai.

"Kalau kuartal pertama kemarin kira terbantu dengan adanya peak season, bulan Juni, Juli, Agustus. Kuartal kedua ini adalah saatnya wisata MICE. Ada banyak agenda MICE internasional nanti," tuturnya.

Beberapa agenda internasional selama bulan Juli-Desember, lanjut Mari, antara lain APEC dan Miss World.

"Nanti Desember juga ada pertemuan internasional World Tourism Organization. Jadi ya, optimis targetnya tercapai," tutup Mari.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA