Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2014 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Danau Kakaban Punya Ubur-ubur Langka, Hanya 2 di Dunia!

Ini dia ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban (Astrid/detikTravel)
Tanjung Redep - Banyak turis yang takut tersengat ubur-ubur. Tapi tidak di Danau Kakaban di Berau, Kaltim. Danau ini memiliki ubur-ubur langka yang tak menyengat. Hanya ada 2 tempat di dunia! Satu lagi di Palau, Samudera Pasifik.

Pulau Kakaban masuk dalam deretan pulau yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Sama seperti pulau lain di sana, Kakaban juga memiliki garis pantai yang cantik dengan air laut jernih. detikTravel pernah juga ke Kakaban beberapa waktu lalu.

Namun ada satu hal yang sangat mengagumkan, pulau ini memiliki danau air payau lengkap denan ubur-ubur tak menyengat, Danau Kakaban namanya. Ya, danau ini memang dikenal memiliki ekosistem yang cukup unik.

Terang saja, Danau Kakaban memiliki anemon yang berwarna putih, dan ubur-ubur yang kehilangan kemampuan menyengat. Danau Kakaban juga sangat terkenal di dunia sebagai danau yang memiliki 4 jenis ubur-ubur yang berbeda. Keempat jenis ubur-ubur tersebut adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik.

Yang disebut terakhir adalah yang paling unik karena ubur-ubur ini berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Suatu hal yang aneh, karena biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah.

Wisatawan pun berenang di danau bersama ubur-ubur tanpa perlu takut iritasi akibat disengat hewan ini. Tapi, jangan senang dulu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan turis saat berenang di sini.

Pertama, Anda tidak boleh menyebur dengan melompat ke danau. Traveler yang datang harus turun dengan melewati anak tangga yang telah disediakan. Tujuannya agar air tidak menjadi keruh dan tidak merobek tubuh ubur-ubur yang berada di sana.

Kedua, turis boleh memegang ubur-ubur tapi jangan mengangkat terlalu tinggi atau bahkan keluar dari air. Hal ini tentu untuk mencegah ubur-ubur mati.

Selain itu, wisatawan juga dilarang menggunakan fin bila snorkeling di Kakaban. Lagi-lagi alasannya tentu demi kelestarian ubur-ubur.

Usut boleh usut, keberadaan ubur-ubur tak menyengat hanya ada dua di dunia. Selain di Pulau Kakaban, adalagi danau dengan ubur-ubur tak menyengat di Palau, Samudera Pasifik.

Danau ini berada di Pulau Eil Malk, Koror, Palau. Sama halnya dengan danau ubur-ubur yang ada di Kakaban, Jellyfish Lake adalah sebuah danau besar yang di dalamnya hidup banyak sekali ubur-ubur yang lucu, seperti dikutip dari Visit Palau, Kamis (6/2/2014).

Hanya saja yang membedakan antara Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau adalah jenis ubur-ubur. Kakaban memiliki 4 jenis ubur-ubur tak menyengat, sedangkan Palau hanya memiliki 2 saja. Artinya, Danau Kakaban lebih keren.



(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA