Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Sep 2014 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

Berapa Biaya Mendaki Puncak Carstensz di Papua?

Afif Farhan
detikTravel
Puncak Carstensz Papua (Afif/detikTravel)
Jakarta - Puncak Carstensz merupakan satu dari seven summit, alias puncak gunung tertinggi di dunia. Mendakinya tentu tak mudah dan biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Harus merogoh kocek berapa sih?

Puncak Carstensz berada di Pegunungan Jayawijaya yang mencakupi 3 kabupaten, yakni Puncak Jaya, Intan Jaya dan Mimika. Dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat menuju Timika atau Nabire.

Lalu, dilanjutkan naik pesawat perintis yang hanya berkapasitas 12 kursi menuju Sugapa di Intan Jaya. Dari sana, perjalanan dilanjutkan 8 jam ke Desa Ugimba dan perjalanan menuju Puncak Carstensz tinggal 2 hari paling cepat dengan trekking.

Adventure Carstensz, merupakan salah satu operator tur yang menawarkan jasa pendakian ke puncak bersalju tersebut dan bekerjasama dengan Pemkab Intan Jaya. Pemiliknya, Maximus Tipagau membeberkan rincian biaya mendaki Puncak Carstensz.

"Kalau turis mancanegara, biayanya USD 10 ribu sampai USD 11 ribu," katanya setelah acara Penandatanganan Prasasti Peresmian Desa Wisata Ugimba dan Daerah Wisata Carstensz Pyramid oleh Menparekraf, Mari Elka Pangestu di Lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Biaya tersebut sudah meliputi perjalanan pendakian ke Puncak Carstensz, baik dari tenda, makanan, porter, transportasi, pemandu, kemanan dan bermalam di homestay setelah pendakian. Bagaimana dengan harga wisatawan dalam negeri?

"Kalau wisatawan lokal biasanya biayanya mulai Rp 30 juta. Perjalananya bisa diatur dan bisa disesuaikan harganya, paling cepat perjalanannya 5 hari," terang Maximus.

Maximus menjelaskan, biaya pendakian ke Puncak Carstensz memang besar. Hal itu dikarenakan soal transportasi, makanan dan penginapan. Lagipula, baru hanya ada penginapan homestay dari Adventure Carstensz saja di Desa Ugimba.

"Kami tidak mematok harga yang mahal bagi wisatawan Indonesia. Sebab, kalau lebih mahal dari itu nanti tak ada yang datang," tuturnya.

Sudah siap mendaki Puncak Carstensz?

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA