Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2015 12:06 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Masalah yang Membuat Pariwisata Papua Tidak Berkembang

Pianemo (Sastri/detikTravel)
Sentani - Dalam pembukaan acara Festival Danau Sentani yang ke-delapan, turut hadir Bupati Jayapura. Ia pun menjelaskan mengapa pariwisata di Papua sulit berkembang.

Sebagai pulau paling Timur Indonesia, letak Papua memang sangat jauh dari pusat perkembangan negara. Beberapa persoalan terkait pariwisata pun sempat dijelaskan oleh Bupati Jayapura, Matius Awoitou saat pidato pembukaan Festival Danau Sentani, Sabtu (20/6/2015).

"Masalah di Papua adalah sulitnya akses dan mahalnya biaya transportasi ke sini," ujar Bupati Jayapura, Matius Awoitou.

Walaupun sudah ada akses Bandara Sentani, namun jauhnya jarak Papua dan Jakarta serta kota besar lainnya memang menjadi masalah. Mahalnya biaya transportasi juga menjadi salah satu alasan, mengapa pariwisata di Papua sulit berkembang. Festival Danau Sentani yang diadakan sekali setahun pun rasanya masih kurang untuk menarik wisatawan datang, baik lokal atau domestik.

"Masalah lain itu sistem birokrasi yang berbelit-belit, tapi juga kita harus memberikan kemudahan untuk sektor pariwisata," ujar Matius.

Namun sehubungan dengan dibebaskannya visa untuk wisatawan dari 45 negara, diharapkan bahwa kunjungan wisman pun akan meningkat. Pembangunan dermaga yang lebih layak untuk akses masuk ke Papua pun juga telah dibangun untuk memajukan pariwisata Papua.



(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA