Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Okt 2015 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Disengat Ubur-ubur, Turis Jerman Tewas di Pantai Thailand

Ilustrasi ubur-ubur kotak yang mematikan (Eastern Marine Fisheries Research and Development Centre)
Phuket - Kawasan Koh Samui di Phuket, Thailand sangat populer di kalangan traveler. Namun belum lama, seorang traveler wanita Jerman tewas setelah disengat oleh ubur-ubur beracun saat berenang di salah satu resor di Koh Samui.

Peristiwa mengenaskan itu pun diberitakan oleh media lokal Bangkok Post hingga media Inggris Daily Mail dan ABC News. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2015) media Daily Mail memberitakan jika seorang turis wanita Jerman meninggal setelah disengat ubur-ubur di Koh Samui pada hari Selasa malam (6/10).

Diketahui kalau turis wanita Jerman yang tewas itu bernama Thies Saskia (20). Saat itu Saskia sedang berenang di Pantai Lamai di Koh Samui, Phuket. Namun saat tengah asyik berenang, mendadak ia disengat ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri) yang terkenal beracun dan mematikan.

Melihat temannya yang diserang ubur-ubur, salah satu teman Saskia berenang untuk menolong dan malah ikut tersengat. Jeritan mereka pun mengundang perhatian staff bungalow yang segera menelepon pusat penyelamatan Koh Samui, seperti diberitakan Bangkok Post.

Lantas keduanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bangkok Samui untuk mendapat perawatan intensif. Namun sayang nyawa Saskia tidak tertolong, sementara temannya berhasil selamat. Sungguh naas.

Saat malam hari ubur-ubur kotak tidak mengambang di permukaan seperti saudaranya, melainkan berada di bawah air yang membuatnya sulit dilihat pada malam hari. Sebenarnya berenang di malam hari memang tidak disarankan.

Menurut ahli biologi kelautan dan wakil kepala Departemen Perikanan Universitas Kasetsart Bangkok yang bernama Thon Thamrongnawasawat, disebutkan kalau jumlah ubur-ubur kotak di Thailand telah meningkat selama tujuh tahun belakangan. Sebabnya bervariasi dari pemanasan global, hingga penurunan jumlah penyu hijau yang merupakan pemangsa ubur-ubur seperti diberitakan ABC News.

Kelihatannya traveler yang liburan ke daerah Phuket di Thailand harus lebih hati-hati, khususnya saat sedang berenang di salah satu pantainya.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA