Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Nov 2015 08:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Untung Rugi Menginap di Homestay

Faela Shafa
Redaksi Travel
(Thinkstock)
(Thinkstock)
Jakarta - Ada beragam jenis penginapan yang bisa dipilih traveler, salah satunya homestay. Nah, ini dia untung rugi menginap di homestay.

Ada hotel, penginapan, hostel, sampai homestay yang bisa dipilih traveler saat mencari akomodasi liburan. Homestay agak sedikit berbeda dibandingkan penginapan lainnya. Disusun detikTravel, Kamis (18/11/2015) inilah untung rugi menginap di homestay:

1. Lebih murah

Salah satu hal menguntungkan saat menginap di homestay adalah biaya yang bisa lebih hemat. Karena biasanya, menginap di homestay lebih murah dibanding penginapan, apalagi dibanding menginap di hotel.

Karena pada dasarnya homestay hanyalah menyewa kamar di rumah warga setempat. Biasanya, harga yang ditawarkan sudah termasuk makan pagi dan malam. Untung kan!

2. Mengenal destinasi lebih dalam

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang sebuah destinasi, cobalah mengobrol dengan warga lokal. Nah untungnya pun dobel saat kamu menginap di homestay.

Kamu bisa mengobrol dengan warga lokal lebih lama, dan bisa membicarakan beragam hal dari yang penting sampai yang ringan. Ditambah, kamu bisa lebih mengerti bagaimana keseharian mereka karena toh kamu bermalam di rumahnya.

Seringnya, traveler yang menginap di homestay akan mendatangi objek wisata berbeda dibanding yang sering didatangi turis. Juga, bisa mengetahui sejarah dan kisah destinasi tersebut, lebih dalam dan detil dibanding yang ada di buku atau internet.

3. Punya kenalan baru

Satu lagi keuntungan menginap di homestay adalah mendapat kenalan baru. Homestay yang sedang kita bicarakan adalah yang menginap di rumah warga, bukan penginapan ala homestay.

Dengan menginap di rumah warga, pasti kamu berkenalan dengan keluarga pemilik rumah. Pertemanan bisa berlanjut, tak hanya pada malam kamu menginap saja.

Setelah menginap, biasanya pertemanan bisa terus berjalan. Kamu bisa rutin berkunjung saat kebetulan berada di kota tersebut. Serta, sang pemilik rumah pun bisa berkunjung ke rumahmu saat sedang di kota tempat tinggalmu.

4. Tidak boleh cuek

Meski liburan, tak setiap hari lantas menjadi hari yang menyenangkan. Ada hari di mana kamu hanya ingin berdiam di kamar karena terlalu lelah dan ingin segera tidur.

Ini tentu tak bisa dilakukan saat tinggal di homestay karena ada keluarga yang harus tetap disapa ramah. Tak bisa mengutamakan diri sendiri, karena kamu sedang berbagi kehidupan dengan orang asing.

5. Tak bisa pulang terlalu larut

Layaknya tinggal di rumah bersama orang tua, kamu tak bisa pulang seenaknya. Karena jika terlalu larut malam, ditakutkan mereka sudah tertidur dan kedatanganmu malah bisa mengganggu.

Karena menumpang di rumah orang, agak kurang etis pula jika pulang terlalu malam. Padahal, saat liburan begitu banyak tempat yang ingin dikunjungi, siang dan malam.

Jika kamu bukanlah orang yang suka berkeliling sampai malam, homestay adalah pilihan yang tepat. Semua terserah kamu, tinggal mau yang seperti apa.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED