Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2016 08:30 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! 6 Event Wisata Seru di Bulan Juli

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Budi Sugiharto
Foto: Budi Sugiharto
Malang - Bulan Juli 2016 diwarnai dengan sejumlah event budaya hingga musik dan olahraga. Setidaknya ada 6 event wisata menarik yang perlu didatangi bulan Juli.

Seperti dilihat detikTravel dari daftar Calender Event 2016 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata, Kamis (7/1/2015) ada 6 event wisata menarik yang bervariasi dari budaya, musik hingga olahraga. Eventnya pun tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Event wisata pertama adalah Art Jog yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya di Yogyakarta. Tidak mengherankan, Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar yang penuh dengan seniman kreatif.

Dalam event Art Jog yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta, Anda dapat melihat berbagai karya seni yang tercipta dari tangan puluhan seniman berbakat. Menurut info dari laman Twitter @artjog, ada kemungkinan bahwa eventnya akan diadakan pada 4 Juni 2016 dan bukan di bulan Juli. Ditunggu saja perkembangannya.

Event Art Jog (@artjog/Twitter)

Berikutnya ada event olahraga Power Boat Grand Prix di Bintan, Kepulauan Riau. Sesuai namanya, event tersebut akan menjadi ajang perlombaan balap kapal jetski dengan berbagai kategori berbeda.

Event kelas internasional tersebut rencananya akan diadakan selama enam hari dan dihadiri oleh peserta mancanegara. Keindahan Bintan tentu juga akan menambah semarak evenr Power Boat Grand Prix yang akan jatuh di bulan Juli.

Ilustrasi jetski (Thinkstock)

Kemudian berpindah ke Pantai Sanur di Pulau Dewata Bali, ada Bali Kite Festival yang akan diselenggarakan pada 3-5 Juli 2016. Bulan Juli yang berangin memang menjadi waktu yang tepat untuk menerbangkan layangan.

Dalam event tersebut, budaya Bali juga akan direpresentasikan melalui layangan yang dibuat unik. Event tersebut juga sekaligus menjadi ritual untuk menyambut panen sekaligus penanaman padi kembali. Sarat akan makna!

Bali Kite Festival (indonesia.travel)

Selain Bali Kite Festival di Bali, Kota Ende di Flores juga punya event budaya Kelimutu Festival. Berlokasi di Danau Kelimutu yang terletak di Moni, traveler bisa menyaksikan prosesi adat yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Masyarakat setempat juga mempercayai Danau Kelimutu sebagai tempat berkumpulnya arwah leluhur. Festival itu pun menjadi salah satu waktu terbaik untuk melihat keindahan Danau Kelimutu dan budaya masyarakat Flores yang sakral. Namun ada informasi juga, perkiraan Kelimutu Festival akan diselenggarakan pada bulan Juni atau pada 14 Agustus 2016.

Danau Kelimutu di Flores (Rahmaliza/d'Traveler)

Untuk urusan hormat pada leluhur, masyarakat Tengger yang bermukin di daerah Bromo juga memiliki upacara Yadnya Kasada yang akan jatuh pada 20-21 Juli 2016. Dengan melakukan ritual dan membawa sesajen, masyarakat adat melakukan prosesi adat di Kawah Bromo.

Selain menyembah sang pencipta, masyarakat juga meminta berkat melalui upacara Yadnya Kasada. Traveler juga akan dibuat terpesona dengan keindahan Bromo yang pastinya tidak ada dua.

Kawah Gunung Bromo (Mey_sya/d'Traveler)

Event seru terakhir di bulan Juli adalah Java Rockin Land. Bagi traveler pecinta musik bergenre rock, mungkin ada yang sudah pernah datang ke acara tersebut untuk melihat dan mendengarkan lagu keras dari penyanyi idaman.

Setiap tahunnya pagelaran musik tersebut selalu menghadirkan berbagai musisi kenamaan dari dalam dan luar negeri. Jika suka musik rock, tentu event yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ayo dicatat dulu agenda wisatanya biar tidak lupa nanti.

Java Rockin Land (detikFoto)

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Hunting Foto di Dufan

Selasa, 24 Okt 2017 10:40 WIB

Selain menjajal aneka wahananya, traveler bisa sekalian hunting foto di Dufan. Siapkan kamera andalan kamu ya!

Laporan dari China

Foto: Pulau Penuh Cinta di China

Selasa, 24 Okt 2017 08:15 WIB

Pernah dengar nama Pulau Gulangyu di China? Bisa dibilang inilah 'Pulau Penuh Cinta' karena panoramanya cantik dan banyak yang foto-foto prewedding.