Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Feb 2016 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Bromo Sudah Tidak 'Galau' Lagi

Afif Farhan
detikTravel
Lautan Pasir di Bromo (satria yuwana/dTraveler)
Lautan Pasir di Bromo (satria yuwana/dTraveler)
Jakarta - Kabar gembira bagi wisatawan. Kawasan Gunung Bromo sudah kembali dibuka, tapi sebatas sampai Lautan Pasir saja.

"Sekarang sudah turun statusnya. Bromo sudah cantik jelita, tidak galau lagi," ujar Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari kepada detikTravel, Senin (29/2/2016).

Ayu menambahkan, kawasan Gunung Bromo kini sudah bisa dimasuki wisatawan. Namun belum semuanya dibuka, masih sebatas sampai Lautan Pasir saja serta kendaraan seperti motor trail dan mobil Jeep dilarang masuk.

"Tanggal 27 kemarin Lautan Pasir sudah dibuka lagi untuk wisatawan tapi kendaraan belum boleh masuk. Jadi harus jalan kaki atau naik kuda dari Pananjakan atau Cumoro Lawang," jelas Ayu.

Mengapa kendaraan belum boleh masuk? Ayu menjawab karena masyarakat Tengger yang memeluk agama Hindu dan tinggal di kawasan Bromo sedang dalam rangkaian acara Nyepi, Wulan Kepitu. Jadi, mereka sedang menyucikan Bromo dari kendaraan-kendaraan.

"12 Maret nanti, baru boleh masuk kendaraan. Sekarang, jangan coba-coba naik kendaraan karena masih dipalang oleh pihak taman nasional dan juga dijaga masyarakat setempat," tutupnya.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA