Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2016 08:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Liburan ke Derawan, Hubungi Pak Haji Ini

Afif Farhan
Redaksi Travel
Pak Haji Memed (sebelah kanan) bersama peserta Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Australia (Afif/detikTravel)
Pak Haji Memed (sebelah kanan) bersama peserta Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Australia (Afif/detikTravel)
Derawan - Memed atau biasa dipanggil Pak Haji adalah pemandu lokal di Kepulauan Derawan. Dia siap membawa wisatawan, untuk mendapat liburan maksimal di sana.

Pak Haji pun menemani perjalanan detikTravel dalam acara Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Kementerian Pariwisata, dari hari Sabtu kemarin (23/4) sampai Selasa (26/4) kemarin. Dia dengan cekatan melayani perjalanan dan menjelaskan informasi tiap destinasi yang dikunjungi.

"Saya awalnya tahun 2008 bekerja jadi koki di Derawan Dive Resort. Kemudian sewain alat-alat snorkeling ke wisatawan. Dari situ melihat banyak operator tur dari luar Derawan jual trip ke Derawan dan akhirnya mikir, kenapa tidak coba saja," tutur Pak Haji yang kelahiran tahun 1978.

Bermodal membuat blog, Pak Haji lalu membuat operator tur bernama Derawan Paradise di situs tourderawan.net. Syukur, baru pertama kali buka sudah banyak pemesanan yang datang. Hingga kini, rata-rata sebulan melayani 5 kali trip.


Pak Haji Memed yang mendirikan operator tur Derawan Paradise, operatur tur pertama dari masyarakat lokal (Afif/detikTravel)

"Semua harga paket, 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam terpampang jelas di situsnya. Silakan dibuka dan dilihat-lihat. Sebulan rata-rata saya melayani 5 trip yang satu tripnya bisa 3-4 orang," terangnya Haji yang sehari-hari juga bekerja sebagai pegawai TU di salah satu sekolah di Pulau Derawan.

Seiring berjalan waktu, Pak Haji merasakan jatuh bangun mengurus Derawan Paradise. Pernah sewaktu-waktu, dirinya merasa tertipu oleh operator tur dari Bandung dan tamunya yakni sepasang wisatawan keluar uang yang tak sedikit.

"Jadi tamunya dari Pekanbaru, dapat operator tur dari Bandung. Orang Bandung itu kontak ke saya, oke. Saat tamunya sudah di Berau uangnya belum transfer ke saya dan saya butuh untuk bayar boat, booking hotel dan lain-lain. Operatur Bandung itu pun ternyata nggak bisa dihubungi lagi. Hilanglah Rp 17 juta uang tamunya, kasihan," kenangnya sambil menghela nafas panjang.


Pak Haji Memed bersama rekannya, Fitra yang menjadi pemandu dalam acara Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Kementerian Pariwisata (Afif/detikTravel)

Memed sekarang mempekerjakan 8 orang sebagai staf dan guide di Derawan Paradise. Sudah sejak lama tinggal di Pulau Derawan dan mempersunting wanita di sana, Memed paham betul mengenai kondisi alam di tiap-tiap pulau di Kepulauan Derawan.

Yang dimaksud dengan kondisi alam adalah, baik cuaca atau pasang surut air laut sulit diprediksi. Maka dari itu, yang ditawarkan Memed bagi wisatawan yang mau liburan ke Derawan adalah pengalaman berkesan.

"Saya mau mendapatkan momen yang bagus. Wisatawan jangan asal datang, nyebur dan pulang. Memang sih liburan tapi kayak tidak ada kesannya. Ini Derawan, alam liar dan kita bermain dengan alam. Kita lihat dulu momennya pas untuk snorkeling tidak, pas untuk mencari manta atau tidak. Agar mereka yang pulang, bisa membawa banyak cerita. Pengalaman adalah nomor satu," ungkapnya.

Kebanyakan wisatawan yang diantar oleh Derawan Paradise adalah wisatawan lokal. Bahkan untuk libur panjang di awal bulan Mei 2016 mendatang, Memed sudah melayani banyak pesanan hingga 80 orang. Semua hotel sampai homestay di Derawan sudah penuh.

Baik ke Maratua, Sangalaki, Samama sampai Pulau Kakaban, Derawan Paradise siap melayani perjalanan wisatawan. Tinggal pilih tanggal yang pas dan pasti nabung dulu, biar bisa jalan-jalan ke Derawan yang disebut surga kedua di Indonesia setelah Raja Ampat.

"Mau jalan-jalan temanya adventure, family atau honeymoon ke Derawan siap saya antar," pungkas Pak Haji yang memiliki satu anak ini.


Pak Haji Memed (paling kiri) bersama rombongan Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Kementerian Pariwisata (Afif/detikTravel)

(aff/arradf)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED