Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2016 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Kedua Long Weekend, Kota Batu 'Diserbu' Wisatawan

Muhammad Aminudin
Redaksi Travel
Kemacetan menuju objek wisata di Batu (M Aminudin/detikTravel)
Kemacetan menuju objek wisata di Batu (M Aminudin/detikTravel)
Batu - Hari kedua long weekend, mulai terlihat peningkatan arus kendaraan menuju Kota Wisata Batu. Beberapa ruas jalan menuju obyek wisata terpantau macet.

Dari pantauan detikTravel, sistem buka tutup diberlakukan petugas kepolisian di Pertigaan Pendem atau Jalan Ir Soekarno, Jumat (6/5/2016).

Ini merupakan persimpangan awal memasuki Kota Wisata Batu. Volume kendaraan dari arah Karanglo atau Surabaya terus mengalami peningkatan hingga tengah hari.

Begitu juga kendaraan dari arah timur (Kota/Kabupaten Malang) serta kendaraan dari Kota Wisata Batu hendak menuju Kota Malang maupun Surabaya. Diperkirakan sekitar 35-40 kendaraan roda empat melintas di ruas jalan ini.

Pos pengamanan turut didirikan di pertigaan Pendem. Banyak petugas baik dari Polantas dan Sabhara turun untuk memperlancar arus lalu lintas. Kepadatan tidak terhindarkan di sepanjang Jalan Ir. Soekarno, Kecamatan Beji, Jalan Raya Mojorejo, Jalan Pattimura hingga pusat kota.

Sejumlah petugas bersiaga di pertigaan Jalan Raya Junrejo merupakan akses menuju wisata Predator Park, juga menjadi magnet kunjungan wisata pada hari kedua super long weekend ini.

Akses lalu lintas terlihat lumpuh di Jalan Oro-Oro Ombo atau ruas jalan menuju wisata Jatim Park II dan Museum Satwa. Antrian kendaraan wisatawan terlihat cukup panjang untuk dapat memasuki kawasan wisata.

Kota Wisata Batu benar-benar terbuktikan menjadi magnet kunjungan wisata lagi-lagi terbuktikan dengan kepadatan arus kendaraan di Jalan Sultan Agung.

Di mana sejumlah destinasi wisata tersedia seperti Jatim Park I, Museum Angkut, serta Pasar Parkiran.
Kasatlantas Polres Batu AKP Inggit Prasetyanto, mengatakan, sebanyak 67 personel ditugaskan khusus mengurai kepadatan arus lalu lintas di sejumlah titik.

Hal ini agar memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses lokasi wisata yang dituju maupun yang akan kembali pulang.

"Ada beberapa rekayasa atau penyesuaian arus lalu lintas. Kami mengharapkan pengguna jalan memperhatikan dan mengikuti petunjuk dari petugas di lapangan," ujarnya kepada detikTravel.

Beberapa titik menjadi pusat kunjungan wisata tidak luput dari perhatian. Inggit menuturkan, lokasi rawan kepadatan arus lalu lintas tersebut adalah Jalan Dewi Sartika, Jalan Raya Oro-Oro Ombo, dan Jalan Sultan Agung, yang dipastikan akan terjadi penumpukan kendaraan.

Tetapi bukan berarti tidak ada jalur alternatif, apabila tidak ingin terkena macet saat berkunjung ke Kota Wisata Batu ataupun sebaliknya. Ada beberapa jalan alternatif yang telah ditunjukkan petugas kepolisian melalui papan-papan di persimpangan jalan.

Dari arah Singosari menuju Batu misalnya, warga tidak perlu masuk ke Kota Malang tapi langsung belok kanan menuju Kecamatan Karangploso dari arah Pertigaan Karanglo.

Jalur ini lebih landai, apabila dibandingkan dengan jalur utama Malang-Batu. Dari Karangploso, wisatawan bisa memilih dua alternatif persimpangan tepatnya di depan Polsek dan Koramil Karangploso. Belok ke kiri menuju Pendem, Junrejo, atau lurus hingga Pandanrejo, Bumiaji.

Jika hendak ke pusat Kota Batu, lebih disarankan melalui jalur Pandanrejo. Sementara wisatawan yang dari arah utara, bisa melewati jalur Trawas yang akan sampai di Pemandian Air Panas Cangar, melalui Desa Sumberbrantas, Wisata Selekta, serta beberapa kebun yang menyediakan petik apel, dan bisa langsung menuju pusat kota melewati Desa Bumiaji.

Sedangkan untuk keluar dari Batu, selain jalur tersebut juga ada jalur lain. Yaitu melewati Jalan Wukir, Kelurahan Temas. Tepatnya, dari arah Jalan Diponegoro lurus sampai Lippo Plaza kemudian belok kiri.

Begitu pula dari arah Jalan Imam Bonjol, sesampainya di Lippo Plaza bisa lurus masuk ke Temas dan akan tembus sampai Jembatan Pendem. "Ada beberapa jalur alternatif dan kami sudah memasang papan informasi untuk bisa diketahui pengguna jalan," tutup Inggit.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.