Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jul 2016 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Cristiano Ronaldo & Bisnis Pariwisatanya

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Cristiano Ronaldo bersama patungnya di Museu CR7 (Gestifute Media/Jorge Monteiro)
Funchal - Rasanya belum ada pesepakbola seperti Cristiano Ronaldo. Sudah punya banyak gelar -yang terbaru juara Piala Eropa- juga punya bisnis di bidang pariwisata dari museum sampai hotel bintang 5.

Cristiano Ronaldo bersama timnas Portugal baru saja meraih juara Piala Eropa 2016, setelah mengalahkan Prancis 1-0 di final. Meski terkena cedera dan tidak bisa melanjutkan permainan dari pertengahan babak pertama, sumbangsih kepada timnya tidaklah sedikit. Apalagi dia juga meraih Silver Boot setelah mencetak tiga gol dan tiga assist.

Juara Piala Eropa makin membuat kariernya mentereng, yang artinya sudah sukses di klub baik di Manchester United dan Real Madrid serta sukses di timnas. Hanya satu lagi yang belum diraih bersama timnasnya adalah juara Piala Dunia.

Ronaldo mengangkat piala saat merayakan juara Piala Eropa 2016 (Kai Pfaffenbach/Reuters)
Punya banyak gelar juara dan aksi jempolan di atas lapangan, juga membuat pemain yang dikenal dengan sebutan CR7 sebagai salah satu sepakbola terkaya. Bicara soal gajinya saja, kabarnya Real Madrid membayar Ronaldo sebanyak Rp 4,8 M per pekan.

Bergelimang uang, Ronaldo tak lantas kalap. Dia memutar uangnya dengan merambah bisnis yang mungkin jarang dilirik pesepakbola lain: bisnis pariwisata.

Dalam catatan detikTravel, Ronaldo memulai bisnis di bidang pariwisata pada tahun 2013. Dimulai dengan membuka Museu CR7 atau Museum Cristiano Ronaldo di kampung halamannya, Kota Funchal di Pulau Madeira.

"Saya punya banyak ruangan untuk menyimpan piala. Saya tak ingin menyebutkan apa saja. Saya sekarang hanya ingin memenangi lebih banyak gelar lagi," kata Ronaldo saat peresmian Museu CR7.

Ada lebih 100 gelar individu yang dipamerkan di Museu CR7 (Gestifute Media/Jorge Monteiro)
Ya, di museumnya traveler dapat melihat deretan piala dan gelar individu yang sudah didapatnya. Plus foto-foto memorial CR7 di atas lapangan, seperti saat memperlihatkan sixpack kala selebrasi merayakan gol kemenangan atas Atletico Madrid di final Liga Champions 2013-2014.

Selain itu, ada pula potret sisi kehidupan Ronaldo di luar lapangan. Bahkan, dia memajang foto dirinya bersama mendiang Nelson Mandela di dalam museum ini.

Foto kenangan Ronaldo, bersama mendiang Nelson Mandela (Gestifute Media/Jorge Monteiro)
Kemudian di tahun 2015, Ronaldo masuk ke bisnis perhotelan. Pesepakbola kelahiran 5 Februari 1985 itu menjadi mitra sekaligus model terbaru kelompok hotel Portugal, Pestana. Namanya pun sesuai Ronaldo, Pestana CR7 Hotel!

Proyek Pestana dan Ronaldo melibatkan investasi sebesar 70 juta Euro atau sekitar Rp 1,05 triliun. 4 Hotel dibangun, dua yang sudah dibuka adalah di Lisbon dan Funchal yang sama-sama di Portugal dan dua lagi yang sedang proses di Madrid, Spanyol dan di New York, AS. 4 Lokasi hotel yang dipilih pun merupakan destinasi wisata ikonik di tiap negaranya.

Pestana CR7 Hotel, hotel yang penuh foto dan poster Ronaldo (Pestana CR7 Hotel)


BACA JUGA:
Mengintip Hotel Cristiano Ronaldo yang Baru Menang Piala Eropa

Terjun ke dunia pariwisata, tak dipungkiri merupakan salah satu cara untuk perputaran pundi-pundi uang Ronaldo. Museum sudah, hotel sudah, siapa tahu barangkali suatu hari nanti Ronaldo bikin taman rekreasi bertema dirinya sendiri. Siapa tahu...

Cristiano Ronaldo memutar uang di bisnis pariwisata (Carl RecineLivepic/Reuters)
(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA