Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Agu 2016 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Ini Serunya Pentas Budaya di Karnaval Danau Toba

Habib
detikTravel
Foto: (Habib Rifai/detikTravel)
Foto: (Habib Rifai/detikTravel)
Simalungun - Pentas budaya di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba berlangsung meriah. Berbagai budaya lokal hingga pertunjukan artis ibukota begitu menghibur wisatawan.

Setelah Menteri Pariwisata Arief Yahya secara resmi membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba sekitar pukul 16.00 WIB di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (20/8/2016) atraksi budaya tak perlu menunggu lama untuk dipentaskan.

Seni empat puak (nenek moyang), yang mengangkat potensi lokalitas tradisi seni masyarakat di seputaran Danau Toba, di antaranya Pakpak, Simalungun, Karo dan Toba, unjuk kebolehan.

Eksotisme muncul dari ekspresi seni komunal nan unik di masing-masing puak. Taur-taur dari puak Simalungun dan gundala-gundala dari puak Karo mengibur warga yang mulai menyemut di depan panggung apung. Juga seni dari puak Pakpak dan tari cawan dari puak Toba. Tarian tradisional tersebut digelar di dermaga Pantai Parapat.

(Habib Rifai/detikTravel)
Semakin sore, warga kian banyak yang masuk ke arena Karnaval Kemerdekaan. Mereka membawa serta keluarga.

Tiba saatnya pentas di panggung apung. Pentas musik dibuka oleh penampilan JFlow, kemudian dilanjut dengan instrumen duet Dewa Budjana-Tohpati. Setelah itu, Edo Kondologit tampil. Ia mengajak penonton menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

(Habib Rifai/detikTravel)
Koor penonton pun menggema. Mereka menyanyi bersama di bawah komando Edo. Penonton berteriak girang ketika Edo menyanyikan sebuah lagu Batak. Penonton kembali menggemakan koor sembari mengangkat kedua tangan.

Slankers, penggemar berat grup musik Slank, juga mulai membanjiri panggung. Mereka kebanyakan anak muda. Di antara mereka, ada yang membawa kenang-kenangan untuk diberikan kepada grup musik idola mereka tersebut berupa poster berpigura.

Slank menjadi penutup acara panggung apung di Pantai Parapat ini. Penonton tampak puas dengan penampilan para penyanyi. Senyum terlihat menghiasi wajah mereka.

(Habib Rifai/detikTravel)


(Habib Rifai/detikTravel)
(hbb/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED