Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Sep 2016 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Aneka Suguhan Alam nan Indah Menanti Peserta Bromo Marathon 2016

Muhajir Arifin
detikTravel
Foto: (Leonard Anthony/dTraveler)
Foto: (Leonard Anthony/d'Traveler)
Pasuruan - Sebentar lagi para peserta Bromo Marathon akan datang. Bromo siap memukau mata mereka dengan pemandangan nan indah.

Even Sport Tourism bertajuk Bromo Marathon kembali diadakan pada 4 September 2016, mendatang. Para pelari dari dalam dan luar negeri yang mengikuti even ini akan disambut keindahan panorama kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dari Puncak Penanjakan, Tosari, Pasuruan. Dari puncak ketinggian 2.770 mdpl ini para pelari juga bisa menikmati sunrise terbaik Gunung Bromo.

"Sunrise terbaik Gunung Bromo hanya bisa dilihat di Puncak Penanjakan, Tosari, Pasuruan. Pelari bisa menikmatinya sebelum atau sesudah mengikuti Bromo Marathon," kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat diwawancara terkait even Bromo Marathon, Rabu (31/8/2016).

Selain Puncak Penanjakan, pelari dan wisatawan juga bisa "mencicipi" Bukit Kingkong yang berlokasi tak jauh dari Puncak Penanjakan. Meski lebih rendah, namun keindahan panorama Bromo dan sunrise tak kalah mempesona disaksikan dari bukit ini.

"Kalau Penanjakan penuh, bisa ke Bukit Kingkong," imbuh pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini.

Tentu saja, pelari dan wisatawan juga bisa menikmati bertualang ke sejumlah lokasi di lautan pasir Bromo dengan jeep atau kuda.

Ladang gandum yang ada di Tosari serta monumen lokomotif yang tengah dibangun juga bisa jadi tujuan lain, selain tentunya lahan kentang yang tersebar di Tosari.

"Selain Gunung Bromo, wisatawan mulai banyak yang menjadikan ladang gandum seluas 4 hektar di Tosari sebagai tujuan untuk berfoto-foto," tandas Gus Irsyad.

Bromo Marathon yang didukung penuh Pemkab Pasuruan ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu: 10 K, full marathon dan half marathon.

Pada full marathon, peserta akan memulai di ketinggian 1.758 mdpl hingga 2.469 mdpl. Rutenya dimulai dari Desa Tosari, Kecamatan Tosari, kemudian memutar mengelilingi beberada desa di sekitar Gunung Bromo. (shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA