Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Feb 2017 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama dalam Sejarah, Karang Raja Ampat Dirusak

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Terumbu karang yang dicorat-coret dan disinyalir di Raja Ampat (Stay Raja Ampat/Facebook)
Jakarta - Perusakan karang di Raja Ampat ramai dibicarakan traveler. Yang bikin sedih, ini adalah kali pertama yang terjadi di Raja Ampat.

Selasa (31/1) kemarin, akun Facebook bernama Stay Raja Ampat mengupload foto terumbu karang yang dicorat-coret oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlihat, terdapat tiga foto karang yang dicoret dengan berbagai tulisan yang digurat seperti, 'Welcome To Steven'.

Karang-karangnya diketahui berada di Pulau Kri, salah satu pulau kecil di Raja Ampat. Tim UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Kawasan Konservasi Laut Raja Ampat pun sedang melakukan investigasi dan menyelidiki kasus ini.

Tonton video 20detik di sini:


"Kami sebagai unit pengelola laut konservasi Raja Ampat sekarang sedang melakukan penyelidikan dan investigasi. 2-3 Hari ke depan akan kami paparkan hasilnya," ujar Kepala UPTD Kawasan Konservasi Laut Raja Ampat, Adrianus Kaiba kepada detikTravel, Kamis (2/2/2017).

Salah satu foto karang yang dicorat-coret (Stay Raja Ampat/Facebook)Salah satu foto karang yang dicorat-coret (Stay Raja Ampat/Facebook)


Adrianus menambahkan, perusakan karang di Raja Ampat seperti ini adalah kali pertama terjadi. Tentu saja, bikin geram masyarakat Raja Ampat sendiri sebab mereka sudah tahu betul bagaimana menjaga laut.

"Ini (perusakan karang) baru pertama kali terjadi. Tidak pernah ada sebelumnya, kami akan cari oknum yang tidak bertanggung jawab ini!" tegasnya.

"Kita lihat saja, apakah ini wisatawan nakal atau orang-orang yang ingin menjatuhkan nama Raja Ampat," pungkas Adrianus. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA