Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Feb 2017 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel & Mall Baru di Singkawang Akan Dorong Pariwisata di Perbatasan

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Suasana peresmian hotel dan mall baru di Singkawang dengan memukul bedug (Fitraya/detikTravel)
Suasana peresmian hotel dan mall baru di Singkawang dengan memukul bedug (Fitraya/detikTravel)
Singkawang - Bertepatan dengan Cap Go Meh, Singkawang Grand Mall dan Hotel Swiss-Belinn Singkawang diresmikan. Ini diharapkan membantu meningkatkan pariwisata di perbatasan.

Pariwisata di perbatasan Indonesia-Malaysia perlu mendapat perhatian. Singkawang di Kalimantan Barat misalnya, punya potensi wisata besar dan wisatawan butuh fasilitas pendukung seperti hotel dan tempat belanja nyaman.

Singkawang Grand Mall dan Hotel Swiss-Bellin Singkawang yang berada dalam gedung yang sama, diresmikan Sabtu (11/2/2017) oleh Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya. Peresmian ini turut dihadiri Walikota Singkawang Awang Ishak, Sekjen ASEAN Le Luong Minh, Utusan Khusus Seychelles Nico Barito bersama 34 dubes Asia, Eropa dan Afrika.

"Ini adalah mal dan hotel paling megah di singkawang sekarang. Kita optimis lahir hotel baru dengan kelas seperti ini karena potensinya," kata Wagub Christiandy.

Menurut dia ada sekitar 35.000 warga etnis Tionghoa Singkawang yang menikah dengan orang Hong Kong atau merantau ke China daratan. Kalau tahu kampung halamannya menjadi maju, tentu mereka mau berwisata ke Singkawang.

"Mereka menikah dan punya anak, kalau datang ke sini saja untuk berkunjung, itu adalah potensi wisatawan," ujarnya.
 Singkawang Grand Mall dan Hotel Swiss Belinn Singkawang (Fitraya/detikTravel) Singkawang Grand Mall dan Hotel Swiss Belinn Singkawang (Fitraya/detikTravel)


Pui Sudarto selaku investor dari PT Pulau Intan, kepada detikTravel mengatakan bisnis pariwisata di perbatasan bukannya tanpa risiko. Namun sekarang adalah waktu yang tepat karena kebutuhannya sudah ada.

Hotel Swiss-Bellinn Singkawang memiliki 117 kamar, kolam renang dan ballroom. Sementara Singkawang Grand Mall memiliki tenant departement store, supermarket, bioskop, resto dan cafe layaknya kota besar Indonesia lainnya. Hotel dan Mall ini beralamat di Jalan Alianyang, Pasiran, Singkawang Barat, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Suasana kamar Hotel Swiss-Bellinn Singkawang (Fitraya/detikTravel)Suasana kamar Hotel Swiss-Bellinn Singkawang (Fitraya/detikTravel)


Kembali ke Christiandy, dia mengatakan keberadaan hotel bisa menarik wisatawan untuk tinggal lebih lama. Tinggal pemda setempat mendukung dengan SDM pariwisata.

Utusan Khusus Seychelles, Nico Barito yang banyak bekerja sama dengan industri pariwisata Indonesia juga optimistis dengan pariwisata di Singkawang. Dia menyebutkan Taman Rekreasi Mimiland di Singkawang banyak menarik turis Malaysia dari perbatasan.

"Saya yakin hal ini bisa mempromosikan pariwisata di kawasan perbatasan," ujar Nico. (fay/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kapan Kamu Main ke Museum Angkut?

Minggu, 19 Nov 2017 22:55 WIB

Museum Angkut di Batu adalah museum dengan gaya modern yang menampilkan bermacam alat transportasi dari tradisional hingga yang paling modern. Keren banget!