Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mei 2017 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Cara KBRI Kuala Lumpur Gaet Turis Malaysia ke Indonesia

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Peresmian Indonesia Street Bukit Bintang Fiesta (Kurnia/detikTravel)
Peresmian Indonesia Street Bukit Bintang Fiesta (Kurnia/detikTravel)
Kuala Lumpur - KBRI Kuala Lumpur juga ikut mempromosikan pariwisata Indonesia, untuk mengajak turis Malaysia liburan ke Tanah Air. Berbagai cara pun telah dilakukan.

Turis yang paling banyak datang ke Indonesia salah satunya dari Malaysia. Promosi pun terus digencarkan agar kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia bisa terus meningkat.

"Target kita mendatangkan turis Malaysia. Kedua adalah turis-turis mancanegara yang berkunjung ke Malaysia agar mau melanjutkan perjalanan ke Indonesia," ujar Krishna K U Hanan, Minister Counsellor Ekonomi KBRI Kuala Lumpur kepada awak media di acara Indonesia Street Bukit Bintang Fiesta (ISBBF) 2017 di Pavilion Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (19/5/2017).

Cara KBRI Kuala Lumpur Gaet Turis Malaysia ke IndonesiaAjang Indonesia Street Bukit Bintang Fiesta 2017 (Kurnia/detikTravel)

Promosi yang dilakukan antara lain mengadakan pameran budaya dan kesenian Tanah Air seperti MATTA Fair. Pameran tersebut diadakan setiap tahun.

"Ada MATTA Fair yang pasti setiap tahun. Selain itu ada ini (ISBBF) kolaborasi Kementerian Pariwisata dan KBRI," tuturnya.

Dalam sejumlah acara yang digelar KBRI Kuala Lumpur juga biasanya ikut ditayangkan video destinasi pariwisata Indonesia.

"Semua kesempatan, kayak nanti kita juga punya HUT RI, pesta rakyat juga dalam rangka HUT RI. Tapi selain pesta rakyat itu ada resepsi diplomatik. Itu kita pergunakan juga untuk mempromosikan atau menayangkan video destinasi-destinasi," jelas Krishna.

Untuk bahan promosi seperti video didapatkan dari Kementerian Pariwisata. "Semua bahan itu kita terima dari Kementerian Pariwisata, kita kerjasama," imbuhnya.

Pameran ini demi menggaet turis MalaysiaPameran ini demi menggaet turis Malaysia (Kurnia/detikTravel)

Kemudian dilakukan juga promosi lewat media digital. Contohnya dengan menyewa papan iklan untuk menampilkan keindahan Indonesia. Cara ini dianggap efektif karena berdasarkan statistik ada peningkatan kunjungan turis Malaysia ke sejumlah destinasi yang dipromosikan itu.

"Seperti tahun lalu, kita melakukan digital promotion kita sewa beberapa board-board digital selama 6 bulan, untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata Indonesia. Dan kita anggap itu berhasil," kata Krishna.

Saat ini KBRI Kuala Lumpur juga tengah gencar mempromosikan destinasi wisata halal. Termasuk juga 'Bali Baru' yang termasuk dalam 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata.

"Dan sekarang yang tengah kita galakkan adalah destinasi-destinasi halal. Kemarin kita promosikan Aceh, Lombok, dan Padang untuk halal," ucapnya.

Menjelang dan selama ramadan nanti juga diharapkan kunjungan turis Malaysia ke destinasi wisata halal dapat meningkat.

"Ramadan saya rasa destinasi halal itu akan tambah ramai. Dan setiap ada long weekend turis Malaysia itu kalau tidak ke Thailand mereka ke Indonesia," katanya. (krn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED