Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mei 2017 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ya Tuhan, Cari Kayu di Raja Ampat Aja Seindah Ini

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Melalui gugusan pulau karang di Teluk Kabui (Masaul/detikTravel)
Melalui gugusan pulau karang di Teluk Kabui (Masaul/detikTravel)
Waisai - Iri lho sama orang-orang di Raja Ampat. Saat mereka mencari kayu di pulau-pulau, melewati gugusan pulau karang seindah ini.

detikTravel berkesempatan ke Raja Ampat beberapa waktu lalu. Itulah Teluk Kabui yang mempunyai gugusan pulau karang tersembunyi.

Saksikan video 20detik tentang Teluk Kabui di sini:



Di dalam rangkaian gugusan pulau karang ini ada Maanyaifun, batu pensil, dan batu wajah yang biasanya menjadi tujuan utama wisatawan. Setelahnya, jika Anda berkeliling teluk, maka Anda akan menemukan jalur air di antara gugusan pulau karang itu.

Seperti apa gambarannya?

Di antara tebing batu karangDi antara tebing batu karang (Masaul/detikTravel)

Airnya amat jernih kehijauanAirnya amat jernih kehijauan (Masaul/detikTravel)


Teluk Kabui dapat traveler tempuh menggunakan speedboat dari Waisai sekitar satu jam. Teluk ini terbilang besar luasannya dan berbentuk bulat atau melingkar.

Nah, di sekelilingnya itulah ada gugusan pulau karang yang dikelilingi air. Letak jalur warga mencari kayu itu ada di Kabui bagian selatan.

"Jalur ini biasanya digunakan warga untuk mencari kayu di hutan. Mereka akan membawa kayu dengan diterapungkan melewati jalur ini," kata guide lokal, Husein Kelderak (39) kala itu.

Traveler akan melihat seolah lorong-lorong saat memasukinya. Tak terbayangkan bahwa ada destinasi seperti ini di Indonesia.

Jalur ini dipakai warga lokal untuk mencari kayu di hutanJalur ini dipakai warga lokal untuk mencari kayu di hutan (Masaul/detikTravel)


Di kiri kanan hanyalah tebing-tebing batu yang ditumbuhi pepohonan yang bikin adem. Namun, Anda dibuat terkesima karena airnya yang amat jernih dan kehijauan yang memperlihatkan padang lamun.

Semakin mendekati daratan, jalur airnya akan mengecil. Maka dari itu hanya perahu kecil lah yang bisa melewatinya.

Tahukah Anda bila gugusan pulau karang di Teluk Kabui dianggap sebagai gugusan yang terindah setelah Wayag dan disusul dengan Painemu.

Ayo datang ke sana! (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.