Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Jun 2017 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Manfaatkan Bali yang Lebih Terkenal dari Indonesia

Ardian Fanani
Redaksi Travel
Foto: Peresmian pembukaan direct flight Jakarta-Banyuwangi (Ardian/detikTravel)
Foto: Peresmian pembukaan direct flight Jakarta-Banyuwangi (Ardian/detikTravel)
Banyuwangi -

Bukan rahasia lagi, nama Bali lebih mendunia dibanding Indonesia sendiri. Namun itu dimanfaatkan Menpar Arief Yahya, untuk jualan destinasi Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku hingga saat ini Bali masih menjadi destinasi utama kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia. Bahkan Menpar memiliki strategi mendompleng ketenaran Bali untuk mengenalkan destinasi wisata di dunia luar. Tak jarang, idenya ini membuat banyak orang marah.

Salah satu contohnya adalah saat dirinya mengenalkan Lombok dengan nama 'Beyond Bali'. Masyarakat Lombok marah atas statement tersebut.

"Mohon maaf turis tidak kenal Lombok. Begitupun Banyuwangi tidak sama sekali dikenal. Saya sering dimarahin orang gara-gara itu. Tapi kenyataan memang seperti itu. Saya mohon maaf juga ke bangsa Indonesia. Indonesia tidak lebih dikenal seperti Bali," ujarnya kepada sejumlah wartawan, usai peresmian pembukaan direct flight Jakarta-Banyuwangi, di Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Jumat (16/6/2017).

BACA JUGA: Pesan Menpar Agar Banyak Turis Datang ke Banyuwangi

Menurutnya, positioning Bali sebagai destinasi wisata yang dikenal menjadi 'endorser' pertumbuhan destinasi wisata yang lain. Seperti halnya Lombok yang dulunya tak dikenal turis, saat ini sudah dikenal sebagai surga baru para turis.

"Siapa yang kenal Lombok dulu? Saat ini ada jutaan turis yang datang ke sana dari limpahan turis dari Bali. Sama juga dengan Banyuwangi. Banyuwangi dan Lombok itu ya Beyond Bali," tambahnya.

Baru kemudian, tambah Arief, jika daerah tersebut sudah menemukan positioning sendiri, baru bisa mengakui jika memang menjadi destinasi utama kunjungan wisatawan.

"Ini strategi yang kita tawarkan untuk menumbuhkan destinasi baru di Indonesia," tambahnya.

Lombok saat ini sudah terkenal dengan destinasi wisata yang cantik bagi limpahan turis dari Bali. Begitupun juga Banyuwangi yang harus bisa menjadi seperti Lombok.

"The next Lombok ya Banyuwangi. Saya siap dimarahin orang Banyuwangi. Karena mau tidak mau memang harus begitu," pungkasnya. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED